Komnas HAM Dorong Penyelamatan Nakes yang Hilang Saat Bentrok Kiwirok

kiwirok

Komnas HAM mengonfirmasi Gerald Sokoy, tenaga kesehatan yang selamat dalam penyerangan di Kiwirok, Papua, saat ini berada di tangan Kelompok Bersenjata.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan pihak KKB untuk memulangkan Gerald. KKB juga disebut setuju atas kesepakatan tersebut. “Prioritas kami saat ini adalah memastikan Gerald pulang dengan selamat, ” ujarnya, Sabtu, (25/9).

Sebelumnya, kelompok bersenjata pimpinan Lamek Taplo adu tembak dengan aparat keamanan di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang Papua pada 13 September 2021. Dalam peristiwa tersebut, 11 tenaga kesehatan terjebak di klinik kesehatan tidak jauh dari lokasi kejadian. Sejumlah saksi menyebutkan para tenaga kesehatan sudah dijamin keselamatannya oleh kelompok KKB. Namun, saat kejadian tidak sedikit nakes yang dianiaya.

Salah satu nakes yakni Gabriela Meilani sempat lari menyelamatkan diri. Nahas, ia terjatuh ke jurang sedalam 500 meter dan meninggal dunia. Sementara itu, nakes lainnya yakni Gerald Sokoy menghilang hingga tidak ketahui rimbanya. …

Selengkapnya : Komnas HAM Dorong Penyelamatan Nakes yang Hilang Saat Bentrok Kiwirok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *