Dukungan AIIB Terhadap Sektor Air

AIIB

Ketersediaan air sangat krusial bagi pertumbuhan ekonomi, ketahanan pangan, hingga perniagaan. Tantangan sektor air di Asia bertambah kompleks dengan beragam faktor seperti pertumbuhan ekonomi, urbanisasi, dan perubahan iklim. Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) memiliki visi selaras dengan kebutuhan dan peluang di sektor air. Adapun AIIB melibatkan para ahli, praktisi, dan stakeholder untuk melakukan analisis sektor untuk mengembangkan strategi pembiayaan sektor air.

Dalam wawancara dengan Katadata, Water Specialist AIIB, David Ginting,  menyatakan bahwa Investasi di sektor air sangatlah krusial, karena terkait erat dengan banyak isu dan agenda penting lainnya, termasuk isu perubahan iklim, perkotaan, energi, dan pangan. Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa “Strategi Air AIIB sangat penting untuk menghasilkan dampak positif yang optimal dari pendanaan Bank, terutama di sektor air dengan tantangan yang sangat beragam dengan cakupan yang sangat luas dan menyentuh sektor-sektor lainnya”.

Selain pembiayaan infrastruktur, AIIB juga dapat memobilisasi bantuan pembiayaan dari sektor swasta. Menurut statistik, dari sekitar Rp12.550, 7 triliun …

Selengkapnya : Dukungan AIIB Terhadap Sektor Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *