Cina Kecam Keras Pakta Aukus

Kapal perang Tiongkok

Cina bereaksi keras atas langkah Australia, Inggris, dan Amerika Serikat yang membentuk pakta pertahanan Aukus di kawasan Indo-Pasifik.

Juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian mengatakan perjanjian itu merusak perdamaian dan stabilitas regional. Kesepakatan trisula itu juga juga mengintensifkan perlombaan senjata. 

“Ekspor teknologi kapal selam nuklir yang sangat sensitif oleh Amerika Serikat dan Inggris ke Australia sekali lagi membuktikan bahwa mereka menggunakan ekspor nuklir sebagai alat permainan geopolitik dan mengadopsi standar ganda, yang sangat tidak bertanggung jawab, ” kata Zhao, dikutip dari Reuters, Jumat (17/9).

Zhao mengatakan kesepakatan itu memberi negara-negara kawasan alasan untuk mempertanyakan ketulusan Australia dalam mematuhi komitmen non-proliferasi nuklirnya. Pakta Aukus merupakan aliansi pertahanan untuk berbagi teknologi canggih di antara ketiga negara. Salah satu upaya pertama yang akan dilakukan adalah membantu Australia membangun kapal selam bertenaga nuklir. Australia akan menjadi negara ketujuh yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir jika proyek tersebut sudah selesai.

<iframe style="height: 550px; width: 100%; …

Selengkapnya : Cina Kecam Keras Pakta Aukus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *