Gus Ipul Bangga Dengan Konsep Sekargadung Menanam.

Pembangunan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan konsep Sekargadung Menanam yang digadang-gadang menjadi percontohan urban farming di Kota Pasuruan kembali dikunjungi Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf ( Gus Ipul ).

Gus Ipul mengaku bangga dengan konsep Sekargadung Menanam ini, apalagi konsep ini lahir dari masyarakat Sekargadung sendiri. Pernyataan Gus Ipul diungkapkan saat membuka Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Sekar Asri, RW 5 Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan, Selasa (14/09/2021).

Kunjungan Wali Kota Pasuruan di KRPL RW 5 Kelurahan Sekargadung ini terlihat istimewa, karena hadir bersama Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo ( Mas Adi ) Camat Purworejo Alfian, Camat Bugul Kidul Aliyasa Akbar, Lurah Sekargadung dan para pejabat lainnya. Hadir pula seluruh Ketua RW se Kelurahan Sekargadung.

Dalam kesempatan ini Gus Ipul berpesan agar semua pihak ikut partisipasi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

” Pak Camat, inilah contoh pembuatan KRPL yang lengkap dengan biaya yang tidak mahal. Ada semua disini, tanaman sayur, buah dan juga memelihara ikan. Tolong ini yang akan kita buat acuan nantinya,” pinta Gus Ipul.

Sementara Ketua SatgasKes Sekargadung, sekaligus penggagas Sekargadung Menanam Tri Yulianto mengatakan, dalam sebulan ini pihaknya telah menyelesaikan empat KRPL di Kelurahan Sekargadung.

”Setiap akhir pekan kita semua kerja bakti membangun KRPL, Alhamdulillah semua kompak, baik pemerintahnya dan warganya,” ujarnya.

”Bahkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota bergantian membuka lahan KRPL untuk memotivasi masyarakat Kota Pasuruan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kelurahan Sekargadung menjadi Kelurahan yang melaksanakan program urban farming dengan memanfaatkan lahan yang kurang produktif untuk dijadikan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan konsep Sekargadung Menanam sebagai acuan menuju Kota Pasuruan Menanam, di KRPL sendiri tanaman yang dikembangkan adalah sayur gambas Sekargadung, buah buahan, Lombok, tomat, terong, sawi dan bayam. (Aga/fit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *