Quick Phrases, Fitur Baru Google Pengganti 'Hey, Google'


Foto: Google Assistant

Teknologi.id – Bagi pengguna smartphone Android, pasti sudah akrab dengan fitur “Hey, Google” yang dapat membantumu untuk melakukan aktivitas-aktivitas sederhana. Saat ini, Google tengah mengembangkan fitur baru, yaitu Quick Phrases yang dapat menggantikan fitur “Hey, Google” untuk perintah-perintah sederhana dan umum seperti “Sekarang jam berapa?” atau “Nyalakan lampunya”. Fitur ini masih belum diumumkan secara resmi, dan masih belum jelas kapan akan dirilis maupun perangkat apa yang dapat menggunakan fitur Quick Phrases ini. 

Fitur ini pertama muncul di April lalu. Pada saat itu, fitur ini diberi nama voice shortcuts, dan kemampuannya terbatas hanya untuk mensilent alarm dan timer, atau hanya untuk merespon panggilan telepon yang masuk. Namun, menu baru yang ditemukan oleh 9to5Google menunjukkan kemampuan yang lebih luas, seperti kemampuan untuk menanyakan cuaca, melewati lagu, atau mengatur alarm dan timer.

Dalam menu pengaturan, tampaknya kamu harus mengizinkan perintah-perintah spesifik untuk membuatnya mampu berjalan tanpa sebuah wake word, dan kemudian fitur Voice Match akan digunakan untuk memastikan bahwa perintah-perintah tersebut hanya dapat diaktifkan oleh suaramu saja. 

9to5Google menspekulasikan bahwa fitur ini bekerja dengan cara memperluas daftar dari kata-kata yang dapat membangunkan fitur Google Assistant. Pada dasarnya, Google Assistant hanya akan ‘terbangun’ ketika mendengar “Hey, Google” atau “OK, Google”, tetapi, diduga bahwa bila kamu menambahkan kata “Jam berapa sekarang?” ke dalam fitur Quick Phrases, maka kalimat tersebut juga dapat menjadi kalimat yang mampu membangunkan Google Assistant.

Fitur yang mirip, yaitu yang dikenalkan pada tahun 2019, telah hadir di smart speaker Google yaitu Nest, yang membuatmu mampu mensilent alarm tanpa harus mengatakan wake word. Quick Phrases memperluas fungsi ini hingga berpotensi untuk mencakup berbagai aktivitas umum lainnya.

Fitur ini merupakan fitur yang cukup menarik dan mampu mempermudah kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kalau menurutmu sendiri, bagaimana pendapatmu tentang fitur Quick Phrases ini?

(NAP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *