Ini Dia Foto Lubang Hitam Paling Detail Sepanjang Sejarah

Pada tahun 2019, para astronom merilis gambar pertama dari lubang hitam, suatu prestasi yang menjadi berita utama dan membingungkan pikiran di seluruh dunia. Lubang hitam itu supermasif, jutaan kali massa matahari dan terletak di jantung galaksi yang relatif dekat yang dikenal sebagai M87. 

Beberapa waktu lalu, tim peneliti internasional Event Horizon Telescope (EHT) telah merilis penampakan terbaru dari medan magnet di sekitarnya. Perkembangan yang mereka katakan membawa mereka selangkah lebih dekat untuk memahami kemampuan galaksi M87 untuk meluncurkan energi secara energik jet dari intinya.

Gambar baru ini menunjukkan bahwa medan magnet ini cukup kuat untuk menawarkan ketahanan terhadap gas yang termagnetisasi di cakrawala. 

Baca Juga : Salah Satu Lubang Hitam Terbesar Lenyap, Ilmuwan pun Bingung

Event Horizon Telescope mengatakan dalam rilisnya bahwa lebih dari 300 peneliti berkolaborasi dalam proyek tersebut dan temuan mereka diterbitkan Rabu dalam dua makalah terpisah di The Astrophysical Journal.

“Untuk pertama kalinya, para ilmuwan EHT telah memetakan medan magnet di sekitar lubang hitam menggunakan gelombang cahaya terpolarisasi. Dengan terobosan ini, kami telah mengambil langkah penting dalam memecahkan salah satu misteri terbesar astronomi.

Temuan ini menjanjikan lebih banyak wawasan di masa mendatang. Meski kombinasi teleskop EHT seluruh dunia terbatas, versi masa depan harus cukup mampu untuk menghasilkan video lengkap dari aktivitas magnetis lubang hitam.

“Kami sekarang melihat bukti penting berikutnya untuk memahami bagaimana medan magnet berperilaku di sekitar lubang hitam, dan bagaimana aktivitas di wilayah ruang yang sangat padat ini dapat mendorong jet kuat yang melampaui galaksi,” kata Monika Mościbrodzka, koordinator kelompok kerja Polarimetri di EHT dan seorang profesor di Radboud Universiteit di Belanda.

(cf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *