Tips Ampuh Mengatasi Produk yang Tidak Laku!

Foto: Paper.id

Salah satu hal yang cukup sering terjadi saat memulai bisnis adalah menumpuknya stok barang daganganmu. Hal ini memunculkan kebingungan, sebab gudang penyimpananmu akan sempit dan berkurang kapasitasnya. Akibatnya muncul satu pertanyaan : Bagaimana menghabiskan stok dalam waktu cepat, terlebih lagi jika ada beberapa produk yang mulai mendekati masa kadaluarsanya?

Tapi, tahan dulu. Jangan cemas terlalu berlebihan. Meski terkesan sebagai mimpi buruk, bukan berarti ini sulit teratasi, loh. Untuk itu, kami sajikan beberapa tips buat kamu untuk mengelola stok barang dagangan yang menumpuk di gudangmu!

1. Gunakan bundling produk

Bundling pada dasarnya adalah menjual dua produk atau lebih secara sekaligus, tak jauh berbeda dengan sistem paket. Disini, kamu bisa memasang harga yang lebih murah untuk paket produk yang di-bundle. Kamu bisa pasangkan produk yang kurang laku dengan produk lain yang disukai pelanggan sehingga bundle jadi lebih mudah terjual. Meski di satu sisi mengurangi keuntungan, tetapi hal ini dapat menarik perhatian banyak orang dan mengurangi produkmu dengan lebih cepat.

2. Sisipkan sebagai hadiah gratis

Kamu bisa jadikan produk yang tidak laku sebagai hadiah gratis yang disisipkan sekaligus ketika mereka membeli produk lain. Strategi ini tidak hanya untuk mengurangi jumlah produk yang tidak laku tersebut, tetapi juga sebagai bentuk perhatian dan usaha menjaga relasi dengan pelanggan. Akibatnya, pelanggan pun merasa lebih diperhatikan dan loyalitasnya terhadap bisnis kita akan terus terjaga.

Baca juga: Ini Sektor Bisnis yang Tak Goyah Selama Krisis Pandemi

3. Cara sederhana paling ampuh : Diskon!

Siapa yang tidak suka diskon? Hampir sebagian besar orang bertekuk lutut dengan metode pemasaran seperti diskon. Dengan bentuk dan jumlah diskon yang beragam rupa, kamu bisa memancing orang-orang untuk membeli produkmu. Apalagi, jika kamu bisa mengemasnya dengan atraktif dan menggoda. Niscaya, produkmu akan diborong banyak diborong pelanggan.

Dengan tips-tips di atas, kamu tidak perlu lagi kebingungan untuk mengelola stok barang yang sedang menumpuk di gudangmu. Jadi, selamat mengelola stok barang daganganmu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *