Cara Menulis Konten yang Ramah SEO dengan Google Docs

 Tahukah kamu bahwa Google Docs bisa mengoptimalkan konten untuk SEO ?

Google Docs adalah salah satu platform untuk menulis yang paling banyak digunakan. Banyak penulis menyukai Google Docs karena penyimpanan awan (could storage-nya). Namun, banyak juga penulis yang tidak tahu bahwa Google Docs bisa mengoptimalkan konten untuk SEO. Simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana caranya.

SEO (Search Engine Optimization) adalah pengoptimalan mesin pencari. Ini adalah proses membuat konten agar mudah terlihat oleh pengguna saat mereka memasukkan kata kunci tertentu di mesin pencari. Hal tersebut berguna jika kamu ingin tulisan kamu dilihat oleh lebih banyak pengguna. Ada banyak sekali cara untuk mengoptimalkan SEO. Namun pada artikel kali ini akan membahas cara mengoptimalkan SEO dengan Google Docs. 

Mengapa Google Docs ? Karena Google Docs memiliki beragam add-on yang bisa kamu gunakan untuk SEO, dan berikut langkah-langkahnya.

1. Akses Add-On di Google Docs

Buka halaman Google Docs yang kosong dan klik Blank untuk mulai menulis dokumen baru. Temukan tab Add-Ons di bilah menu. Tab Add-Ons ada di antara tab Tools danHelp. Perlu kamu ketahui bahwa Add-On bekerja seperti ekstensi browser, jadi kamu bisa menggunakannya untuk memperluas fitur Google Docs yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Dapatkan Add-Ons

Di menu drop-down, pilih  Get Add-On.  Selanjutnya kamu akan diarahkan ke Google Marketplace tempat kamu memasang ekstensi SEO.

3. Cari Add-Ons untuk SEO

Dalam kotak pencarian di Google Marketplace, masukkan “SEO”. Mka platform akan menampilkan daftar add-on yang dirancang untuk membantu SEO.

4. Menginstall Add-Ons

Untuk menginstal add-on, yang harus kamu lakukan adalah mengklik add-on, lalu tekan tombol Install berwarna biru. Dalam proses ini kamu diminta untuk memberikan izin ke aplikasi untuk   menggunakan akun Gmail kamu. Setelah add-on diinstal, kamu akan menemukannya di bawah tab Add-on di bilah menu utama. Kamu cukup mengklik add-on apa saja, klik Show, dan dasbor akan muncul di samping halaman Google Docs kamu

Lalu Add-Ons SEO apa yang baik untuk Google Docs? 

Ada dua pilihan yang bisa kamu untuk  Add-Ons SEO terbaik di Google Docs.

1. GDoc SEO Assistant

Foto: GDoc SEO Assistant

GDoc SEO Assistant adalah tool Google Docs untuk SEO. GDoc SEO Assistant dapat diakses secara gratis oleh pengguna. Cara Kerjanya sebagai berikut: GDoc SEO Assistant akan menilai teks kamu dengan memberi skor SEO. GDoc SEO Assistant juga akan melakukan analisis sederhana dan memberikan saran SEO untuk mengoptimalkan judul konten, kata kunci, pemformatan dan keterbacaan konten kamu.

Add-on menyediakan kata kunci yang terkait berdasarkan target keyphrase kamu, sehingga kamu bisa memasukkannya ke dalam teks untuk meningkatkan skor SEO kamu. Anda juga dapat menemukan informasi tentang volume pencarian, peringkat persaingan, dan tren periodik dari frasa kunci target. Untuk mencegah penjejalan kata kunci, GDocs SEO Assistant menilai konten kamu untuk SQ Density. Jika teks kamu mengulangi kata kunci sering, maka mesin pencari dapat menandai konten kamu sebagai spam. Jika hal itu terjadi pihak google dapat menurunkan peringkat konten kamu, atau bahkan menghapusnya sama sekali.

Targetkan skor SEO setidaknya 70 persen sebelum kamu menerbitkan konten. Jika kamu mendapatkan skor di bawah 50 persen, itu berarti perlu lebih banyak pengoptimalan SEO. Kamu bisa meningkatkan skor dengan mengubah konten sesuai dengan saran Asisten.

GDoc SEO Assistan ini sangat cocok digunakan para Blogger, penulis lepas, dan pemilik bisnis kecil yang membutuhkan panduan SEO dasar.

Baca Juga 5 Aplikasi Desain Terbaik di Smartphone

2. Semrush SEO Writing Assistant

Foto: Semrush

Semrush SEO Writing Assistant (SWA) bekerja lebih mendalam pada pengoptimalan konten daripada GDoc SEO Assistan. SWA menilai teks kamu untuk skor SEO berdasarkan nada, orisinalitas, dan keterbacaan. SWA juga memberikan saran pengoptimalan untuk judul, tajuk, pemformatan, dan kepadatan kata kunci. SWA menyarankan kata kunci terkait berdasarkan kata kunci fokus yang kamu berikan. Hal ini memungkinkan kamu untuk menunjukkan lokasi spesifik dari target pembaca sehingga kamu bisa mendapatkan saran kata kunci yang akurat.

Kamu juga bisa memilih apakah target akan melihat konten kamu sebagian besar di seluler atau desktop. Versi berbayar dari Add-Ons SWA ini bisa melakukan analisis konten pesaing. Keuntungannya kamu bisa mengakses jangkauan dan peringkat pesaing, sehingga kamu membuat konten yang lebih baik.

Kemudian versi SWA Guru akan menilai konten kamu untuk orisinalitas dengan pemeriksa plagiarisme.  Versi ini juga bisa memeriksa kualitas tautan masuk dan keluar untuk relevansinya dengan konten kamu. Hal ini merupakan salah satu cara untuk membantu konten kamu mendapat peringkat yang baik di mesin pencari.

Add-Ons ini gratis, tetapi fitur lanjutan tersedia di versi berbayar. Semrush mengenakan biaya $ 119 setiap bulan untuk paket Pro, $ 229 untuk paket Guru, dan $ 449 untuk paket Bisnis.

Semrush sangat cocok digunakan untuk freelancer, startup, dan pemasar konten. Versi berbayar sangat bagus untuk agensi pemasaran, platform e-commerce, dan bisnis dengan keberadaan web mapan yang bersedia berinvestasi dalam SEO yang mendalam.

Ada banyak sekali persaingan di dunia konten, jadi penting untuk mengoptimalkan konten kamu agar bisa dilihat oleh lebih banyak pengguna. Dengan menulis konten yang tepat, kamu bisa meningkatkan lalu lintas situs web dan mencapai sasaran bisnis online kamu. Selamat mencoba.

(fmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *