Google Meluncurkan Fitur Baru untuk Para Pencari Kerja

 Mencari pekerjaan kini semakin mudah dengan menggunakan Google. Google baru saja meluncurkan fitur terbarunya yang memudahkan pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Pada fitur “Google Search” kamu bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi kamu. Di dalam fiturnya kamu juga bisa memfilter pekerjaan berdasarkan persyaratannya, seperti persyaratan pendidikan, pengalaman, atau bahkan pekerjaan yang tidak membutuhkan gelar dalam persyaratannya, serta masih banyak lagi.

Mau tahu bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Dengan fitur baru Google Search ini, kamu akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengklik dan lebih banyak waktu untuk fokus menemukan pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman kerja dan pendidikan. Cara mencari pekerjaan dengan Google Search sangat mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci “Cari Pekerjaan”. Maka Google akan memunculkan beberapa lowongan pekerjaan dalam bentuk carousel.

 

Foto: Google Jobs

Dengan menggunakan carousel, kamu dapat dengan cepat menelusuri lowongan pekerjaan yang ada  disekitar kamu. Google menyediakan banyak sekali informasi tentang lowongan pekerjaan yang dibuka. Jika kamu merasa list pekerjaan tersebut terlalu luas cakupannya, kamu bisa dengan mudah memfilternya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tidak hanya itu, Google juga bekerja sama dengan perusahaan seperti Glassdoor, LinkedIn, ZipRecruiter, Snagajob, dan CareerBuilder  untuk memperjelas informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia. Jadi kamu tidak perlu khawatir kekurangan informasi tentang pekerjaan yang ingin kamu dapatkan. 

CEO Alphabet Sundar Pichai melalui laman Google Blog menyampaikan bahwa, “Akan ada label baru pada posisi yang tidak menyebutkan gelar dalam persyaratannya,” Jadi bagi kamu yang belum mempunyai gelar tidak perlu ragu untuk menggunakan fitur Google Search ini. Kamu bisa dengan mudah mencari pekerjaan yang tidak membutuhkan gelar sebagai persyaratannya. Ketik saja di  Google Search kata kuncinya, ,misal “pekerjaan tanpa gelar”, “pekerjaan bagus tanpa gelar”, atau semacamnya untuk mendapatkan hasil yang serupa.

Berdasarkan data dari laman Makeuseof , kata kunci untuk “pekerjaan bagus tanpa gelar” dan sejenisnya di pencarian Google telah melonjak hingga 850 persen di AS saja. Sebagian besar, ini adalah akibat dari pandemi COVID yang telah melanda dunia. Hal tersebut memperlambat aktivitas ekonomi, dan berkontribusi besar pada hilangnya pekerjaan.

Baca Juga: 7 Cara Mudah agar Artikel Tampil di Halaman Pertama Google

Sangat menyenangkan bahwa Google bisa membantu pekerja meningkatkan keterampilannya untuk memajukan karier mereka di masa-masa sulit ini. Dengan fitur baru ini, pencari kerja sekarang dapat mencari pekerjaan secara lebih efektif dan menemukan yang sesuai dengan keahlian mereka.

Google berharap dengan adanya fitur baru ini akan membantu pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang relevan, sesuai dengan keahliannya namun tetap terdepan di pasar kerja.

(fmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *