Ternyata Bisa Loh, Mengedit Jalan di Google Maps

 Google Maps adalah salah satu
alat navigasi terbaik yang tersedia. Tapi pernahkah kamu merasa frustasi karena jalan yang ingin dilewati tidak ada di Google Maps? Atau salah jalan ketika mengikuti arahan Google Maps? Tentu saja hampir semua orang pernah mengalami hal tersebut. 

Namun, tidak seharusnya menyalahkan Google Maps atas kesalahan yang terjadi. Karena dunia ini adalah tempat yang sangat luas dengan banyak jalan yang mungkin berubah sewaktu-waktu. Kini kamu tidak perlu khawatir lagi, karena Google Maps hadir dengan fitur baru yang mengizinkan penggunanya untuk memperbaiki kesalahan jalan di Google Maps.

Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Google mengumumkan melalui The Keyword bahwa mereka akan segera meluncurkan cara baru bagi pengguna untuk mengirimkan pembaruan untuk Google Maps. Dengan adanya pembaruan tersebut memungkinkan penggunanya untuk menambahkan jalan yang hilang, menyetel kembali, mengganti nama ataupun menghapus jalan yang salah. 

Kamu hanya perlu mengetuk ‘Edit the map’ kemudian pilih ‘Missing Road’ saat menggunakan Google Maps versi dekstop. Ketika mengedit Google Maps kamu bisa dengan mudah menggambar jalan, mengganti nama jalan yang salah, mengubah arah jalan, menyetel ulang atau menghapus jalan yang salah.

Selain beberapa hal diatas, kamu juga bisa mengirimkan pemberitahuan kepada Google bahwa jalan ditutup sementara. Google bahkan memiliki fitur untuk memasukkan tanggal jalan tidak tersedia, sehingga pengguna lain akan tahu dan bisa mengindarinya.

Namun tetap, pihak Google akan mengoreksi data yang kamu masukan untuk memastikan keakuratannya. Setelah kamu mengirimkan pembaruan, akan ada peringatan di layar ponsel-mu.

Google memperingatkan bahwa tidak diizinkan untuk mengubah jalur sepeda sebagai jalan untuk kendaraan lain. Serta seseorang dilarang membuat jalan dengan maksud untuk menyakiti orang lain. Dalam peringatan tersebut juga menyatakan bahwa perlu waktu sekitar tujuh hari bagi Google untuk meninjau kiriman-mu. 

Selain fitur baru ‘mengedit jalan’ Google Maps juga menambahkan fitur ‘pembaruan foto’. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi foto tentang suatu tempat tanpa harus meninggalkan ulasan yang lengkap. Dalam aplikasi Google Maps di ponsel, pengguna bisa menambahkan gambar lokasi serta melihat foto terbaru yang telah dikirimkan oleh orang lain.

Baca juga: Mulai 1 April 2021, Google Meet Gratis Bakal Dibatasi 1 Jam

Foto: The Verge

Lalu kapan fitur tersebut diluncurkan ?

Google akan meluncurkan fitur-fitur tersebut dalam beberapa bulan mendatang di lebih dari 80 negara di dunia. Namun saat ini, jika kamu mencoba menambahkan jalan yang belum ada, kamu hanya
bisa meletakkan pin di tempat yang seharusnya dan ketik nama jalan untuk
mengirimkan informasi tersebut ke Google.

(fmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *