Mulai 1 April 2021, Google Meet Gratis Bakal Dibatasi 1 Jam

 Hingga hari ini, pengguna gratisan Google Meet masih bisa menikmati layanan video conference secara cuma-cuma dengan waktu yang tidak terbatas alias unlimited hingga 24 jam.

Namun, benefit tersebut akan segera hilang. Hal ini karena Google akan membatasi durasi telekonferensi video grup di Meet bagi pengguna gratis menjadi 1 jam per sesi.

Baca juga: Wajib Tahu, Begini Lho Cara Share Screen di Zoom

Google awalnya akan menerapkan pembatasan ini pada September 2020 lalu, tapi kemudian diperpanjang sampai 31 Maret 2021.

Dalam keterangan di laman pricing Meet, pengguna gratisan Google Meet hanya bisa menikmati layanan video conference unlimited hingga 31 Maret 2021 mendatang. 

Ini artinya, mulai 1 April 2021, pengguna yang tidak berlangganan hanya bisa melakukan panggilan video grup berdurasi satu jam (60 menit) per sesi, dengan peserta maksimum hingga 100 orang.

Sebagai catatan, meski durasinya dibatasi, Google masih tidak memberikan batasan pada jumlah sesi video conferencing yang dapat dilakukan pengguna gratisan dalam sehari. 

Nantinya, pengguna gratisan masih bisa membuat sesi telekonferensi video grup lagi jika durasinya habis, sebanyak maksimal 24 kali dalam satu hari.

Baca juga: Cara Membuat Link Zoom Meeting di Laptop, Gampang Banget!

Sementara untuk varian berbayar, ada Google Workspace Essentials dengan biaya USD 8. Benefit dari paket ini adalah pengguna bisa melakukan telekonferensi video tanpa batas durasi dengan jumlah peserta maksimal 150 orang.

Meski demikian, durasi yang ditawarkan Google Meet ini sedikit lebih lama dibandingkan dengan Zoom. Sejak awal, Zoom telah membatasi penggunaan layanan gratisnya, yaitu dengan durasi maksimal 40 menit untuk setiap sesi.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *