Instagram Lite Kembali Hadir, Ukuran 2MB dan Hemat Kuota

 Facebook baru saja mengumumkan telah kembali merilis Instagram Lite untuk 170 negara. Aplikasi ini merupakan versi Instagram yang lebih ringan dan ditujukan untuk ponsel yang memiliki ukuran memori terbatas.

Dilansir dari laman Gizchina, Jumat (12/3/2021), Instagram Lite hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 2MB saja. Penggunaan bandwidh juga lebih sedikit dibanding biasanya.

Instagram Lite hanya akan fokus pada gambar, video, dan perpesanan di Direct Messages.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul atau Lemot

Fitur yang disajikan Instagram Lite ini tak jauh beda dengan versi biasa. Aplikasi masih menampilkan feed atau beranda, stories, dan direct messages. Bedanya, versi Lite tidak menampilkan IG Live atau Shopping.

Engineering Manager Tim Gal Zellermayer mengatakan, kemampuan AR effect dan live filter juga tidak akan bekerja di Instagram Lite.

Product Manager Tim Michelle Lourie mengatakan bahwa ada sejumlah penyesuaian di user interface (UI) agar lebih sesuai dengan pengguna Instagram Lite. Contohnya adalah membuang ikon tong sampah sebagai tombol hapus dan menggantinya dengan ikon X.

Baca juga: Silicon Valley Indonesia Segera Dibangun, Di Sini Lokasinya

Selain itu, Instagram Lite tetap menampilkan GIF dan stiker karena tidak terlalu memakan banyak memori sekaligus menyenangkan.

Perusahaan saat ini dikabarkan masih mengembangkan dark mode berdasarkan permintaan pengguna, jauh sebelum aplikasi resmi dirilis.

Sebagai informasi, Instagram Lite edisi baru ini telah diuji di beberapa wilayah, namun masih belum hadir di Indonesia.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *