Puskesmas Panji Gelar Pemeriksaan dan Konseling HIV AIDS Gratis

BeritaNasional.ID – SITUBONDO – Untuk melakukan detiksi dini terhadap perkembangan penyakit menular HIV AIDS, UPT Puskesmas Panji melakukan pemeriksaan dan konseling serta pengobatan HIV AIDS gratis, Jumat (12/3/2021).

Pemeriksaan dan skrening HIV AIDS yang berlangsung di Puskesmas Panji tersebut di pantau langsung oleh Bagus Sulaksono Kepala Puskesmas Panji. “Progran layanan pemeriksaan HIV AIDS secara gratis di laksanakan secara rutin setiap satu tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk mendetiksi dini penyakit HIV AIDS tersebut,” jelas Bagus Sulaksono.

Menurut Bagus, terdapat beberapa layanan pemeriksaan HIV di Puskesmasnya. Antara lain layanan tes Komprehensif Terpadu (KT), layanan Infeksi Menular Seksual (IMS), dan Tes Inisiatif Petugas Kesehatan (TIPK). “Penting untuk memeriksa kesehatan sejak dini. Hal pertama yang mesti diketahui, yang mau tes HIV diharapkan sedang keadaan sehat dan sudah sarapan sebelumnya,” kata Bagus.

Layanan pemeriksaan kesehatan HIV AIDS ini, lanjut Bagus, gratis dan terbuka untuk siapa pun serta pelayanan ini akan dilanjutkan ke desa-desa di wilayah Kecamatan Panji. “Pelayanan ini akan kita laksanakan ke desa-desa di wilayah kerja Puskesmas Panji,” tuturnya.

Selain program pemeriksaan gratis HIV AIDS, sambung Bagus, ada program Penyakit Tidak Nular (PTN) dan tes kebugaran karyawan Puskesmas Panji. “Tes kebugaran bagi karyawan Puskesmas Panji, diawali dengan cek tekanan darah, gula darah, lalu semua karyawan mengikuti senam bersama dan dilanjutkan dengan lari keliling halaman puskesmas sebanyak 20 kali,” pungkas Bagus.

The post Puskesmas Panji Gelar Pemeriksaan dan Konseling HIV AIDS Gratis appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *