Persiapan yang Harus Dilakukan Jika Ingin Kerja di Google

 Bekerja di sebuah perusahaan besar sekelas Google pasti menjadi impian bagi banyak orang. Namun, jelas tak mudah untuk dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Biasanya, Google menerima lebih dari tiga juta lamaran per tahun dan hanya 7.000 orang saja yang direkrut.

Nah, bagaimana sih cara melamar kerja di Google agar bisa menjadi salah satu dari ribuan orang yang diterima? Berikut ini tahapan yang harus dipersiapkan oleh calon pelamar.

Baca juga: Ini Dia Keuntungan Miliki Pengalaman Magang Bagi Mahasiswa

1. Registrasi ke Google

Google sudah menyediakan laman khusus terkait informasi lowongan pekerjaan di perusahaan. Calon pelamar bisa mengunjungi https://careers.google.com untuk mengetahui informasi tentang bermacam-macam karier yang disediakan oleh perusahaan.

Tak hanya di Amerika, Google memiliki kantor yang tersebar di berbagai negara dunia, termasuk di Indonesia. Sebagai informasi, kantor Google di kawasan Asia Pasifik terdapat di Singapura.

2. Tentukan Jenis Pekerjaan yang Diinginkan

Agar bisa bekerja di Google, usahakan untuk memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan background calon pelamar seperti skill dan pendidikan yang pernah ditempuh.

Google diketahui sangat memperhatikan hal tersebut. Perusahaan teknologi ini juga mengungkapkan bahwa mereka memperhatikan prestasi dan informasi yang lebih spesifik tentang skill dan pengalaman pelamar.

3. Buat CV Satu Halaman Saja

Foto: kickresume

Dalam CV atau resume, pelamar dituntut menyampaikan informasi dengan ringkas, padat, jelas tentang fokus jenis pekerjaan yang ingin dilamar. Pasalnya Google tidak akan melihat profil diri di dalam resume.

Berbeda dengan resume yang dikirimkan untuk perusahaaan lain, pelamar tidak perlu memuat informasi terkait pendidikan dan pengalaman kerja. Nantinya, saat kamu sudah apply di sana, Google sudah menyiapkan form khusus untuk informasi pendidikan dan pengalaman bekerja.

4. Menguasai Bahasa Inggris

Foto: The Masters Portal

Google merupakan perusahaan raksasa teknologi dunia, oleh karena itu akan lebih baik jika pelamar menguasai Bahasa Inggris, baik writing maupun speaking.

Walaupun yang pelamar pilih adalah perusahaan Google cabang Indonesia, kemampuan Bahasa Inggris tetap harus dikuasai dengan baik dan lancar. Hal ini akan berguna ketika menjalin komunikasi dngan orang-orang dari negara lain.

5. Persiapkan Diri untuk Interview

Foto: Medium

Pelamar perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum masuk ke tahap interview. Pasalnya, setelah CV dinyatakan lolos, pihak perusahaan akan langsung menghubungi untuk melanjutkan ke tahap interview.

Baca juga: Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Kamu Para Mahasiswa

Dalam tahap wawancara, Google menggunakan metode sains yang terstruktur dan tidak bertele-tele. Pelamar akan ditugaskan untuk membuat berbagai pertanyaan terkait topik tertentu. Setelah itu akan diarahkan untuk membuat sebuah penilaian untuk dicocokkan.

Hal ini berbeda dengan perusahaan lain, di mana HRD memberikan pertanyaan kepada calon karywan. Di Google justru sebaliknya. Dalam membuat pertanyaan, pelamar harus memperhatikan 4 hal yaitu kemampuan belajar dan adaptasi dengan cepat, kepemimpinan, kooperatif, dan pengetahuan dan pengalaman bidang yang ingin dilamar.

Nah itulah tadi cara melamar kerja di Google dan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melamar di perusahaan raksasa teknologi tersebut. Apakah kamu sudah siap mencobanya?

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *