Kelebihan Website Ecommerce BuatToko Domain .my.id, .com .id

ATURTOKO – Domain adalah sebuah istilah penamaan alamat suatu website yang bertujuan sebagai identitas suatu alamat contohnya .com, .my.id, .id seperti pengunaan nama website ini Androidcame.com, Androidcame.my.id, Androidcame.id. Domain ini sering di gunakan sebagai company profile perusahaan, Toko Online atau jual beli online, Ecommerce, dan sebagai pusat layanan informasi yang berguna sebagai media informasi seperti koran detik.com, kompas.com dan lain sebagainya.

Di Indonesia nama-nama domain ada banyak sekali, dan setiap nama domain akan disesuaikan dari instansi apa yang membuat website. Misal di Indonesia yang paling terkenal setelah .com adalah domain .id, Domain ini sering di gunakan perusahaan sebagai pusat informasi atau company profile yang mengindetifikasikan bahwa perusahaan ini berasal dari Indonesia. Tapi jangan salah domain .id ini juga sering digunakan sebagai toko online dan website-website ecommerce sebagai alamat toko mereka. 

Baca juga: 5 Website Sumber Cuan untuk Para Freelancer

Saat ini domain yang paling sering digunakan untuk Website Ecommerce adalah .my.id, .id, dan .com. Untuk domain .com dari dulu sampai sekarang memang domain yang paling sering di gunakan untuk perusahaan-perusahaan dan lain sebagainya. Kenapa demikian karena domain .com ini adalah domain yang familiar di seluruh dunia, bisa dibilang domain .com adalah domain yang paling terkenal dan paling banyak digunakan di perusahaan-perusahaan. Selain itu ada lagi website yang sedang trend di 2021 ini yaiu website domain .my.id, sebagaimana kita lihat dari jumlah orang yang menggunakan domain rupanya semakin banyak menggunakan domain .my.id, dimana dari hari ke hari yang di infokan Niagahoster bahwa di ketahui oleh PANDI yang mencatat pendaftar domain .my.id meningkat lebih dari 10 kali lipat, dari 207 pengguna menjadi 2.491 pengguna. Menariknya, peningkatan itu didominasi oleh kaum milenial.

PANDI adalah Pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Sebenarnya domain ini khusus diperuntukkan untuk website personal, seperti website portofolio, blog pribadi, atau alamat email pribadi tapi untuk saat ini domain ini adalah domain yang paling banyak di gunakan untuk domain toko online dan website Ecommerce.

Kelebihan dari Domain Website .my.id, .com dan .id :

A. Domain .my.id

Domain .my.id adalah jenis domain .id yang resmi dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Domain .my.id adalah domain yang di fungsikan sebagai domain toko online pribadi, berikut kelebihan-kelebihannya :

1. Harga Lebih Murah

Kamu tak perlu mengeluarkan ongkos yang banyak untuk bisa membeli domain .my.id. Bila dibadingkan dengan website lainnya domain ini tidak terlalu mahal, bagaimana kamu teratarik. 

2. Lebih Banyak Pilihan Nama Domain

Dibanding domain .com, domain .my.id masih belum banyak digunakan. Artinya, kemungkinan ketersediaan nama domain dengan ekstensi .my.id juga masih banyak. Kamu jadi tak perlu repot-repot mengganti nama domain pilihan Kamu.

3. Peluang Muncul di Halaman Pertama Google Tinggi

Domain .my.id merupakan salah satu jenis domain .id (ccTLD). Ternyata domain tersebut dapat meningkatkan ranking website di halaman pencarian Google. Terutama di pencarian pengguna Indonesia. 

4. Mempresentasikan Identitas Diri

Domain .my.id memang secara khusus ditujukan untuk website personal. Dari namanya, .my.id dapat merepresentasikan website sebagai “my identity” atau “my international domain”. Sehingga domain ini sangat cocok untuk website pribadi seperti blog atau website portofolio. 

5. Akses Lebih Cepat

Selain meningkatkan peluang muncul di halaman pertama mesin pencarian, domain .my.id juga membuat akses jadi lebih cepat. Kenapa? Sebab, Domain Name Server-nya (DNS) berada di Indonesia dan dikelola oleh PANDI. 

B. Domain .com

Domain .com adalah perusahaan registrar domain dan web hosting yang berkantor pusat di Vancouver, Washington, dan merupakan anak perusahaan dari Endurance International Group. domain .com tak perlu diragukan lagi merupakan top-level domain tertinggi. Awalnya ekstensi ini digunakan untuk keperluan bisnis mengambil dari kata “commercial”. Namun, sekarang penggunaanya sudah meluas ke banyak jenis website lain.

C. Domain .id

Domain .id adalah Domain yang diperuntukkan bagi warga negara republik Indonesia dan/atau Badan Usaha/entitas/sejenisnya. Domain .id adalah salah satu bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain). Jenis domain satu ini dikhususkan untuk website yang berada di dalam Indonesia. Website dengan ekstensi TLD dua huruf ini biasanya ditujukan untuk memudahkan pengguna mengenal asal negara website tersebut. Berikut kelebihannya :

1. Kredibilitas Tinggi atau Lebih Terpercaya

Website dengan ekstensi domain .id nampak lebih terpercaya. Mengingat, proses pembuatannya yang membutuhkan identitas resmi seperti bukti KTP atau dokumen penting lainnya. 

2. Pengaksesan yang Lebih Cepat

Ternyata, menggunakan domain .id bisa meningkatkan kecepatan akses pada website, lho. Karena Domain Name Server (DNS) berasal dari Indonesia, maka otomatis akses website menjadi lebih cepat.

3. Tersedia Banyak Kuota Nama Domain

Buat kamu yang kesulitan membuat nama domain unik dengan ekstensi .com, lebih baik gunakan domain .id saja.

4. Memperoleh Ranking Tinggi di Search Engine Google

Memperoleh ranking tinggi di mesin pencari tentu menjadi tujuan utama bagi setiap pemilik website. Apalagi jika kamu yang mengincar traffic di negara Indonesia saja, maka penggunaan domain .id bisa menjadi elemen pendukung yang cukup berperan. Dilansir oleh MOZ, website yang menggunakan ccTLD ranking-nya akan meningkat. . Sebab, Google mendeteksi bahwa website tersebut relevan dan berhubungan dengan  area tertentu. 

5. Penggunaan yang Lebih Aman dan Nyaman

Dengan adanya syarat  KTP atau dokumen legalitas lain saat mendaftar sebagai pengguna domain .id, jelas lah kalau ekstensi domain .id dijamin sangat aman.

Nah bagaimana, kalian sudah tau kan kelebihan dari Domain .my.id, .com, .id, sebab inilah kenapa website BuatToko.id dari Aturtoko memilih ke 3 nama domain ini. Domain .my.id, .com, .id bisa dibilang adalah domain yang paling oke untuk jualan online atau sebagai Ecommerce suatu toko, tidak perlu di ragukan lagi bagaimana domain ini bekerja pada perayapan google karena memang sudah terbukti website yang menngunakan Domain ini sangat cepat untuk di rayapi mesin google.

Buat kamu yang belum tau cara mendaftarnya kamu bisa berkunjung ke artikel ini : Cara Registrasi BuatToko.id. Tunggu apa lagi segera pakai dan gunakan website BuatToko, caranya dengan berkunjung ke Website Buattoko.id. Kamu bisa menghubungi Bram 081298568344 atau CS Aturtoko 08118880258 WA atau telpon. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *