6 Teknologi Militer Canggih yang Bakal Jadi Momok Dunia

 Perdamaian dunia yang tak kunjung terwujud tampaknya membuat negara-negara di dunia harus selalu bersiap. Bersiap bukan hanya untuk diskusi atau mediasi-mediasi, tapi juga langkah penting dan kongkret seperti mempersiapkan pasukan maupun persenjataan militer bilamana terjadi peperangan di masa depan.

Nah, bila membahas soal persenjataan militer, kiblat khalayak kebanyakan mengarah ke negara-negara barat, di mana teknologinya secara keseluruhan memang lebih maju dan pastinya begitu pula teknologi militernya.

Negara-negara barat saat ini memang berlomba-lomba menciptakan inovasi baru untuk membuat hal-hal gila yang suatu saat pasti bakal berguna. Berikut ini Teknologi.id rangkum beberapa calon teknologi militer canggih dari negara barat yang bakal menjadi momok negara-negara dunia di masa depan.

Baca juga: Natuna Memanas, RI Patut Waspadai 5 Senjata Canggih Cina Ini

6 Teknologi Militer Canggih yang Bakal Jadi Momok Dunia

1. Peluru yang Bisa Berbelok

Foto: Business Insider

Mungkin kita pernah melihat adegan-adegan di film aksi yang memperlihatkan peluru yang ditembakkan bisa berbelok dan tetap tepat mengenai sasaran.

Nah, saat ini hal tersebut tidak lagi hanya ada di film, karena DARPA alias badan riset militer Amerika telah berhasil menciptakannya. Sama persis seperti yang ada di film Wanted, peluru yang mereka buat mampu berbelok arah namun tetap tepat sasaran.

Mekanismenya sendiri tentu sangat ribet dan susah untuk dijelaskan secara gamblang. Namun pada intinya, peluru ini mampu mengondisikan dirinya untuk mengubah arah dan kemudian mengenai target. Jika peluru ini diimplementasikan, maka tembakan yang dilepaskan oleh tentara-tentara barat takkan pernah meleset apa pun halangannya.

2. Perisai Plasma Pelindung Ledakan

Foto: Hexapolis

Meski memakai jaket atau rompi anti peluru bisa menyelamatkan para pasukan dari peluru-peluru musuh, namun tidak ada yang menjamin mereka akan selamat dari ledakan bom dan semacamnya. Karena alasan itulah kemudian Boeing menciptakan perisai plasma dan kebetulan sudah mematenkan hal tersebut di badan paten Amerika.

Perisai plasma bekerja untuk melindungi sebuah obyek dari pengaruh radiasi ledakan dan semacamnya. Namun perisai ini hanya melindungi dari hal-hal semacam ini, tidak untuk obyek-obyek terlihat seperti peluru dan sebagainya. Nah, ketika perisai plasma ini dikombinasikan dengan rompi anti peluru, maka prajurit yang memakainya akan kebal dari apa pun.

3. Stiker Cumi-Cumi

Foto: Military Review

Sebuah inovasi baru dari seorang profesor University of California menciptakan sebuah stiker tak terlihat yang mampu membuat pasukan tak terdeteksi keberadaannya oleh musuh.

Maksudnya tak terlihat menurut profesor bernama Alon Gorodetsky ini adalah tak nampak secara visual maupun non visual. Jadi, lenyap sama sekali dan tak bisa terdeteksi suhu atau aspek lainnya. Alon sendiri menciptakan teknologi ini berdasarkan dari kemampuan cumi-cumi yang mampu menghilangkan keberadaannya lantaran zat bernama Iridocytes. Saat terlihat saja tentara bisa begitu mematikan apalagi hilang sama sekali. Pasti jadi teror yang bikin musuh susah tidur.

4. Kapal Robot

Foto: QNewsHub

Kecerdasan robot mungkin hanya terdiri dari barisan kode biner saklek dan tidak punya rasa atau sense. Namun ketika dikembangkan maka hal-hal seperti kemampuan menyesuaikan diri hingga membaca situasi bisa mereka lakukan. Kabar buruk bagi musuh-musuh Amerika, karena negara ini sudah mengimplementasikan robot semacam itu pada kapal taktis mereka.

Bernama USV, kapal ini mampu bergerak autonomous alias independen serta bisa membaca situasi. Tak perlu awak kapal untuk mengendalikannya karena USV bergerak sesuai dengan apa yang dianalisanya. Tak hanya untuk mengawal kapal perang yang lebih besar USV nanti juga berguna untuk menuju daerah musuh dan kemudian menyelamatkan tentara-tentara Amerika yang terdesak.

5. Serangga Mata-Mata

Foto: CNN

Salah satu strategi dalam peperangan adalah dengan memata-matai pergerakan musuh. Pasukan CIA, MI6 atau Mossad sendiri sebenarnya cukup hebat dalam memata-matai, namun satu kekurangan mereka. Ya, mereka manusia dan gampang terlihat. Era mata-mata mungkin akan segera bergeser sebentar lagi. Tak lagi menggunakan manusia, tapi serangga-serangga.

Universitas Nanyang dan California baru-baru ini berhasil menciptakan sebuah alat dengan kemampuan untuk mengontrol pergerakan serangga. Alat ini berupa transmitter dan mikroproseso super kecil yang kemudian dipasangkan di punggung si serangga. Alat ini bekerja dengan menstimulasi otot-otot serangga lewat sinyal. Hal ini membuat mereka bisa dikontrol pergerakannya, termasuk ketika terbang. Implementasinya sendiri beragam. Bisa untuk evakuasi manusia di tempat-tempat sempit, sampai aktivitas memata-matai.

6. Sniper Pintar

Foto: DailyMail

Amerika baru saja selesai membuat dan menyempurnakan sebuah senjata Sniper pintar terbarunya bernama Linux Gun. Senjata ini ibarat sabit pencabut nyawanya para sniper handal yang sangat-sangat mustahil untuk bisa dihindari. Berjuluk sniper pintar, apa yang bisa dilakukan oleh Linux Gun?

Pertama senjata ini mampu membaca situasi lewat parameter umum. Misalnya angin, arah dan pergerakan targetnya. Kecepatan letusan juga menyesuaikan dari paramater tersebut. Sehingga bisa dibilang jika sniper ini 99 persen pasti mengenai targetnya. Jika kemampuan ini masih belum cukup mengesankan, Linux Gun juga mampu melesatkan sebuah peluru dari jarak 1,64 kilometer. 

Baca juga: Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi, Bisa Tanpa Nomor HP dan Email!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *