Waka Perhutani Siap Kawal Kasus Dugaan Ilegal Logging Hingga Tuntas

BeritaNasional.ID – SITUBONDO – Keterangan yang disampaikan Eni Handayani Waka Perhutani Utara wilayah kerja Situbondo mengatakan bahwa, pihaknya akan terus mengawal penanganan kasus Mobil Siaga Desa Kayumas yang memuat 11 batang Kayu Seno Keling hasil dari dugaan pembalakan liar di petak 23E Kesatuan Ranting Pemangku Hutan (KRPH) Kayumas, yang di serahkan Polsek Arjasa ke Polres Situbondo, Minggu (28/2/2021).

“Penyerahan mobil siaga desa berisi kayu Seno Keling bersama tiga orang terduganya tersebut, bukti keseriusan Perhutani mengusut tuntas pelaku ilegal logging di petak 23E kawasan hutan perlindungan sepempat Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo,” tegas Eni Handayani Waka Perhutani Utara wilker Situbondo.

Jika dalam kasus ini, sambung Eni, ada keterlibatan Mantri, Mandor dan Asper serta petugas Perhutani yang lainnya, maka pihaknya mempersilahkan kepolisian mengusut tuntas hal tersebut. “Apabila dalam pembalakan liar itu ada oknum-oknum perhutani yang terlibat silahkan libas dan saya siap mengundurkan diri dari jabatan Waka Perhutani Utara Wilker Situbondo,” jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Eni Handayani Waka Perhutani Utara, namun dia bersama perangkatnya akan mengawal kasus ini hingga tuntas dan ada tersangkanya. “Yang dilakukan para pembalak liar itu di kawasan hutan perlindungan setempat. Apabila kawasan ini dibabat habis maka sangat berbahaya bagi masyarakat setempat dan sekitarnya. Makanya, kasus ini akan saya kawal hingga tuntas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Eni mengatakan, ketika Polsek Arjasa menyerahkan pelaku berinisial NR, MA dan AKA berikut barang buktinya mobil siaga desa yang bermuatan kayu Seno Keling sebanyak 11 batang dengan kubikasi 0,67 meter kubik, baik itu asper, mandor dan mantri perhutani ikut mengantar penyerahan barang bukti tersebut ke Polres Situbondo.

“Hari ini kita bersama aparat terkait dan tim penguji masih melakukan pengecekan tunggak kayu Seno Keling. Dari sebelas batang tunggak baru ada 4 tunggak yang kita cek dan saat ini masih dalam penelitan tim. Dalam hal ini kita bersama perangkat Perhutani lainnya siap berjuang mengungkap pelaku di balik pembalakan liar Kayu Seno Keling yang ada di kawasan hutan milik Perhutani,” pungkas Waka Perhutani.

The post Waka Perhutani Siap Kawal Kasus Dugaan Ilegal Logging Hingga Tuntas appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *