Cara Bikin Memo atau Catatan di WhatsApp, Biar Ingat Terus!

 Berapa kali kalian dalam sehari membuka dan menutup aplikasi WhatsApp di smartphone? Tentunya hingga puluhan bahkan ratusan kali sehari jika memang kalian menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan utama.

Nah, karena frekuensi yang tinggi dalam membuka-tutup aplikasi WhatsApp, bukankah ide bagus bila meletakkan memo atau catatan hal-hal penting disitu ketimbang menyimpannya di Notes atau Catatan di smartphone (yang tentu saja sangat jarang kalian buka ketimbang WhatsApp)?

Namun, aplikasi WhatsApp tidak menyediakan fitur Note to Self, meski beberapa orang juga mengandalkan fitur “Bintang”, yang fungsinya pun bisa untuk menyimpan pesan. Sayangnya, fitur bintang ini hanya dapat menyimpan pesan dengan jumlah yang terbatas.

Untuk itu, berikut ini Teknologi.id beberkan beberapa cara bikin memo atau catatan di WhatsApp agar ingat terus dan bisa tersimpan dengan baik. Dengan cara ini, pengguna dapat mengirim pesan ke nomor diri sendiri yang juga bisa di-backup bila suatu saat tidak sengaja terhapus. Cekidot!

Baca juga: Ini Dia 6 Fitur Baru Google untuk Perangkat Android

Cara Bikin Memo atau Catatan di WhatsApp

1. Melalui Browser

– Buka Browser pada Smartphone

Cara yang pertama, buka browser pada smartphone, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lainnya. Sebagai contoh, kami menggunakan Google Chrome.

– Ketik wa.me/NomorWhatsApp di Address Bar

Cara selanjutnya, kamu dapat mengetik wa.me/NomorWhatsApp di address bar dan pastikan juga untuk mengganti angka 0 menjadi 62, yang merupakan kode nomor telepon di Indonesia. Sebagai contoh, wa.me/62823XXX.

– Klik ‘Continue to Chat’

Setelah mengetik format tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman khusus WhatsApp yang terdapat fitur tap message atau ‘Continue to Chat’ untuk membuka pesan dan mengirim pesan ke nomor diri sendiri.

Pesan yang dikirim akan ditandai dengan centang biru sebagai tanda kamu sendiri sudah membacanya, bahkan pesan ini juga bisa kamu kirim dalam keadaan offline.

Baca juga: Menkes Budi Resmi Izinkan Vaksin Mandiri “Gotong Royong”

2. Menyimpan Nomor Sendiri di Smartphone

Cara berikutnya, kamu dapat menyimpan nomor telepon diri sendiri pada kontak smartphone, yang kemudian nomor tersebut akan tersimpan dan muncul pada aplikasi WhatsApp.

Dengan begitu, kamu dapat membuat memo seperti menyimpan pesan-pesan penting, yang dapat kamu kirimkan melalui chat ke diri sendiri.

Kedua cara tersebut mempermudah untuk menemukan memo yang telah kamu simpan dengan membuka isi chat diri sendiri dan search memo yang ingin kamu temukan. Semoga bermanfaat!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *