Berikut Koleksi Tanaman Hias Populer Beserta Cara Merawatnya

Pandemi Covid-19 yang mengharuskan para masyarakat untuk stay at home, telah membuat hobi berkebun banyak digandrungi oleh segala kalangan. Hal ini kemudian menjadikan tanaman hias semakin populer.

Tanaman hias yang beredar di pasaran ada beraneka ragam jenisnya. Macam-macam jenis tanaman ini kemudian membutuhkan perawatannya masing-masing. Meskipun begitu, kamu tidak perlu pusing-pusing mencari sendiri, karena pada penjelasan kali ini, akan disajikan beberapa tanaman hias yang sedang populer beserta cara merawatnya. Selain itu, informasi harga juga akan dicantumkan agar bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin memilikinya. 

Macam-Macam Tanaman Hias Populer Yang Wajib Dikoleksi

1. Wijaya kusuma

Wijaya kusuma adalah tanaman berjenis kaktus dimana bentuknya berbatang dan menjuntai. Banyak yang menanam wijaya kusuma di dalam pot gantung ataupun ditempelkan ke pagar rumah. Harga dari tanaman hias yang hanya bisa berbunga sekali dalam setahun ini berkisar antara Rp20.000 hingga Rp150.000.

Cara merawat tanaman hias Wijaya Kusuma terbilang cukup mudah. Yang harus dilakukan pertama kali adalah, memperhatikan asupan air. Walaupun Wijaya Kusuma merupakan salah satu jenis kaktus, namun tanaman yang satu ini juga tetap memerlukan asupan air yang cukup. 

Cara kedua adalah dengan menempatkan Wijaya Kusuma pada tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung, agar dapat tumbuh dengan baik. Cara perawatan yang ketiga adalah dengan rajin membersihkan media tanam dan juga tanaman itu sendiri dari hama. 

2. Tanduk Rusa

Tanduk Rusa memperoleh namanya dari bentuk daunnya yang mirip dengan tanduk rusa. Tanaman berjenis paku-pakuan ini, hidup dengan cara bergantung pada inangnya dengan menempel pada batang pohon. Adapun harga dari tanaman yang satu ini berkisar dari Rp50.000 sampai Rp400.000.

Dalam merawat tanaman hias yang satu ini, kelembaban tanaman harus selalu terjaga. Karena Tanduk Rusa hidup pada media yang lembab, maka usahakan untuk tidak absen menyiram tanaman yang satu ini. 

Jika kamu ingin menanam Tanduk Rusa pada media lainnya seperti sela-sela pagar ataupun tembok, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, pada saat pembibitan, pisahkan indukan yang bergerombol agar tidak merusak tanaman. Kedua, siapkan media tanam. Ketiga, berikan nutrisi secara rutin sebagai ganti inangnya.

Baca juga: Cara Menambah RAM Android dengan Menggunakan SD Card

3. Suplir

Suplir juga merupakan salah satu jenis tanaman paku, yang memiliki daun-daun kecil. Daun-daun inilah yang membuat Suplir terlihat unik dan menarik. Selain itu, tanaman suplir memiliki beberapa manfaat positif seperti meningkatkan kualitas udara dan juga mengurangi radiasi. Terkait harganya, tanaman hias yang satu ini relatif murah, yaitu hanya berkisar puluhan ribu saja. 

Dalam melakukan perawatan pada tanaman hias yang satu ini, kamu perlu untuk ekstra hati-hati, terutama berkenaan dengan kelembabannya. Suplir, sebagaimana yang diketahui, merupakan jenis tanaman hias yang membutuhkan media yang lembab. Oleh karena itu, tanaman yang satu ini harus terus disirami dengan air. Meskipun begitu, debit air yang disiramkan tetap harus diperhatikan dengan baik, karena jika berlebihan, air pada Suplir akan menyebabkan akar membusuk. 

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menciptakan drainase yang baik untuk media tanam Suplir itu sendiri. Hal ini penting untuk menghindari kondisi media tanam yang terlalu lembab.

4. Kuping Gajah

Seperti namanya, kuping gajah memiliki daun hijau lebar, berbentuk seperti kuping gajah. Adapun ukuran daunnya ini berkisar antara 15 cm – 40 cm. Daun yang lebar dan hijau inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman ini. Untuk harganya, tanaman hias Kuping Gajah dihargai sekitar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. 

Jika kamu tertarik untuk memiliki tanaman unik yang satu ini, mungkin persiapan yang perlu dilakukan pertama kali adalah dengan memilih pot yang sesuai, untuk membuat tanaman hias ini terlihat lebih cantik.

Selanjutnya, siapkan media tanam yang baik dan terhindar dari hama. Setelah tanaman ditempatkan pada media tanam, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah waktu penyiraman tanaman. Disarankan menyiram tanaman yang satu ini pada pagi hari, atau di sore hari. 

Untuk perawatan selanjutnya, pastikan media tanam Kuping Gajah memiliki drainase yang baik, agar tidak menimbulkan genangan. Selain itu, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan daun dan media tanamnya dari debu dan juga hama.

5. Monstera Variegata

Tanaman hias Monstera Variegata, identik dengan daunnya yang lebar dan memiliki banyak bolongan. Hal ini kemudian mendorong populernya sebutan ‘janda bolong’ untuk tanaman yang satu ini. Selain karena bolongan pada daunnya, Monstera Variegata memiliki keunikan lainnya yakni daunnya yang terdiri dari dua warna, yaitu hijau dan putih. 

Keunikan jenis Monstera yang satu ini kemudian menjadikannya tanaman yang populer dan banyak diburu oleh pecinta tanaman hias. Tidak tanggung-tanggung, harga tanaman yang satu ini bahkan bisa mencapai Rp 150 juta. 

Perawatan tanaman mahal ini memang harus sedikit lebih spesial. Karakteristiknya yang tidak bisa menerima sinar matahari langsung kemudian mendorong terobosan berupa pembuatan filter cahaya yang ditempatkan di atas tanaman ini, untuk mencegah asupan sinar matahari yang berlebihan. 

Selain itu, pastikan media tanam yang digunakan sudah tepat. Perhatikan suplai nutrisi, pupuk, serta kelembaban dari media tanam dengan baik. Tidak lupa pula untuk selalu membersihkan daunnya, yang merupakan nilai jual utama dari tanaman ini.

6. Bonsai

Bonsai sejatinya merupakan teknik menanam dengan tujuan mengkerdilkan tumbuhan. Tanaman yang biasanya sering dikerdilkan adalah beringin, asem ataupun tanaman yang sedang trend, seperti kelapa. 

Proses pengkerdilan dilakukan seperti membuat miniatur dari tanaman tersebut dalam bentuk asli. Dimana akan terlihat tanaman yang seharusnya besar namun dalam wujud yang kecil. 

Cara perawatan bonsai itu sendiri tergantung dari tanaman apa yang dikerdilkan. Apabila kamu membeli bonsai yang telah jadi, maka yang perlu dilakukan hanyalah memperhatikan kondisi media tanam dan penyiramannya. Adapun harga tanaman hias yang satu ini berkisar di antara harga ratusan ribu bahkan hingga ratusan juta rupiah. 

Baca juga: NASA Siapkan 7 M Bagi yang Temukan Cara Beri Makan Astronot

Itulah dia beberapa tanaman hias yang sedang populer dan banyak digemari saat ini. Beberapa dari kamu mungkin sudah memiliki tanaman-tanaman hias tersebut. Namun bagi kamu pecinta tanaman, yang belum memiliki satupun koleksi tanaman hias di atas, karena kendala biaya, sekarang bukan saat yang tepat untuk bersedih.

Meskipun harganya yang tergolong mahal, memiliki tanaman-tanaman hias tersebut bukan hal yang mustahil. Kamu bisa mencari pinjaman dana dari beberapa pinjol terbaik 2021 yang sudah menjamur di mana-mana saat ini. Pinjol terbaik 2021 adalah pinjaman online yang bisa memberikan kamu pinjaman dana untuk segala kebutuhan mendesak, apapun itu bentuknya.

Dalam hal ini, Kredit Pintar sebagai salah satu penyedia pinjaman dana, bisa menjadi pilihan. Termasuk ke dalam salah satu pinjol terbaik 2021, Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Tidak hanya itu, jutaan peminjam yang telah terbantu dengan Kredit Pintar semakin menunjukkan tingkat kredibilitas perusahaannya. Jadi, tunggu apalagi? segera miliki tanaman hias favorit kamu sekarang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *