Netflix Rilis Fitur Download Baru, Mudahkan Nonton Offline

Foto: Tech Crunch

Teknologi.id – Netflix nampaknya selalu mencari cara agar penggunanya dapat lebih mudah dan nyaman mengakses layanannya, Terbaru, Netflix meluncurkan fitur “Download for You”. Fitur ini bertujuan untuk menghadirkan lebih banyak konten offline kepada pengguna yang memilih untuk mengunduh otomatis.

Dengan mengaktifkan “Download for You”, aplikasi Netflix akan secara otomatis mendownload acara TV dan film yang direkomendasikan ke perangkat seluler pengguna. Rekomendasi ini akan ditentukan oleh histori tontonan Netflix.

Dilansir dari Tech Crunch, pada hari Selasa (23/2), fitur tersebut merupakan fitur tambahan, bukan pengganti fitur akses offline Netflix yang sudah ada yaitu “Smart Download”. Diketahui, fitur ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2018. Sebelum tersedia secara global, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih acara TV atau film mana yang ingin mereka simpan untuk ditonton secara offline.

Fitur “Download for You” dapat bermanfaat bagi mereka yang sedang bepergian dengan misalnya pesawat terbang atau kereta bawah tanah, di mana akses internet tidak diberikan.

Selain itu, fitur ini juga bermanfaat bagi pengguna di pasar negara berkembang, di mana akses ke koneksi seluler atau bandwidth yang andal masih menjadi perhatian.

“Kami sangat senang memperkenalkan Download for You. Orang yang memilih fitur baru ini akan mendapatkan acara atau film yang didownload secara otomatis ke perangkat mereka, dengan rekomendasi berdasarkan selera mereka,” kata Patrick Flemming, direktur Inovasi Produk Netflix, dalam sebuah pernyataan.

“Kami ingin lebih mudah menemukan serial atau film favorit baru Anda berikutnya, baik Anda terhubung atau tidak,” lanjutnya.

Baca juga: Peneliti Temukan Malware Misterius yang Infeksi Mac M1

Cara mengaktifkannya cukup mudah, pengguna hanya perlu membuka tab “Download” di aplikasi Netflix, kemudian aktifkan toggle fitur “Download for You”.

Foto: Tech Crunch

Setelah mengaktifkannya, pengguna dapat memilih jumlah ruang penyimpanan yang ingin digunakan untuk menyimpan acara TV dan film yang telah didownload. Akan ada tiga pilihan jumlah ruang penyimpanan yaitu 1GB, 3GB, atau 5GB. Semakin besar jumlah ruang penyimpanan yang dipilih, semakin banyak pula konten yang di rekomendasikan.

Proses download akan otomatis berlangsung saat perangkat pengguna tersambung ke jaringan Wi-Fi, dan berisi campuran rekomendasi acara TV atau film dimana Netflix percaya pengguna akan menyukainya. Biasanya, aplikasi akan mendownload beberapa episode pertama acara TV.

Pengguna juga dapat mentransmisikan konten yang didownload untuk ditonton di TV terdekat. Walaupun ditonton di TV, proses streaming akan berjalan di gadget pengguna.

Setelah menonton acara TV atau film, pengguna dapat menghapusnya dari perangkat agar memiliki lebih banyak ruang penyimpanan. Sehingga, jika gadget pengguna tersambung kembali dengan Wi-Fi, Netflix dapat secara otomatis mendownload tontonan lain.

Baca juga: Oppo Akan Pamerkan Wireless Chargingnya di MWC Shanghai 2021

Netflix menyediakan katalog lengkap konten apa saja yang tersedia untuk didownload, termasuk konten non original Netflix. Namun, akan ada beberapa judul yang proses downloadnya dibatasi karena adanya batasan lisensi.

Netflix mengatakan mulai menguji fitur “Download for You” pada akhir tahun 2020, tetapi baru di tahun 2021 fitur tersebut tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia. Fitur ini akan hadir terlebih dahulu untuk pengguna Android. Pengguna iOS harus lebih bersabar karena fitur ini masih dalam tahap pengerjaan dan diharapkan dapat dirilis akhir tahun ini.

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *