Mobil Tesla dan Ford Jadi Pemasok Listrik di Texas

 Saat ini Texas sedang menghadapi musim dingin yang ekstrem. Bahkan, pemuadaman aliran listrik besar-besaran dilakukan di seluruh negara bagian. Hal ini tentu sangat menyulitkan bagi penduduk, karena tanpa aliran listrik, aktivitas warga menjadi terbatas, terutama saat musim dingin esktrem dimana pemanas sangat dibutuhkan.

Namun, ditengah kesulitan tersebut, beberapa warga menemukan cara inovatif untuk mengalirkan listrik ke rumah mereka dengan menggunakan paket baterai mobil miliknya.

Dilansir dari Interesting Engineering, pada hari Selasa (23/2), dua mobil yang telah digunakan untuk mengalirkan listrik adalah mobil merek Ford dan Tesla. Sontak, kedua mobil tersebut menjadi perhatian khususnya di media sosial seperti Twitter dan Reddit.

Ford F-150 Hybrid

Foto: Motor Trend

Jenis mobil Ford yang digunakan sebagai pemasok tenaga listrik adalah Ford F-150 Hybrid. Hal ini diketahui setelah seorang pria Texas melalui akun Twitter @f150Gen14, merinci bagaimana Ford-nya dengan Pro PowerBoost 7,2 kW onboard bekerja sebagai pemasok listrik saat pemadaman terjadi.

Dia menggunakan Ford F-150 Hybrid yang baru dibeli untuk menyalakan rumahnya selama 72 jam. Mobil tersebut digunakan selama 10 hingga 12 jam per hari.

Menariknya, Ford F-150 tidak menghabiskan banyak bahan bakar karena dia menyebutkan hanya menggunakan beberapa galon bensin pada waktu itu.

Selain itu, penggunaan mobil sebagai pemasok listrik ini jauh lebih senyap daripada penggunaan generator yang lebih berisik dan juga harus lebih sering diisi ulang.

Dengan truknya, rumahnya bisa mendapatkan penerangan pada malam hari. Selain itu, dia dan keluarganya juga masih bisa menonton TV, menyalakan pemanas dan membuat secangkir kopi hangat melalui mesin kopi.

Baca juga: Netflix Rilis Fitur Download Baru, Mudahkan Nonton Offline

CEO Ford, Jim Farley, bahkan diketahui mengomentari postingan Twitter tentang cerita tersebut.

“Situasi di SW US sangat sulit. Berharap semua orang di Texas memiliki F150 baru dengan generator onboard PowerBoost,” tulis Jim Farley melalui akun Twitter resminya @jimfarley98.

Foto: Twitter

Tesla Powerwalls


Foto: Solar Choice

Tesla adalah pesaing kuat Ford F-150 Hybrid dalam memasok aliran listrik untuk orang Texas agar tetap aman dan hangat selama pemadaman listrik. Beberapa pemilik Tesla lokal diketahui telah menggunakan Tesla Powerwalls untuk menyediakan listrik cadangan selama pemadaman.

Foto: Twitter

Bahkan, para pemilik Tesla tersebut juga menggunakan Twitter dan Reddit untuk berbagi keajaiban Powerwalls sebagai penyelamat mereka

“Tesla saya membuat keluarga saya tidak membeku tadi malam,” tulis akun Razzooz melalui postingan di Reddit.

Razzooz juga mengatakan bahwa seluruh keluarga mereka tidur di garasi, di dalam Tesla Model 3 mereka yang berfungsi sebagai “sleeping pod dengan baterai 75kw”.

Redditter lain juga memposting bahwa Tesla mereka mampu menyediakan 29 jam listrik cadangan dan menyatakan betapa bersyukurnya mereka akan kehadiran Powerwalls sangat selama pemadaman bergilir di Texas.

Baca juga: Mesin Penjual Bir Otomatis Ini Dapat Jadi Masa Depan Bar

Melalui unggahan mereka, kita menjadi tahu bahwa teknologi kendaraan mampu menjaga penghuni tertentu agar tetap aman dalam situasi sulit. Selain itu, melalui unggahan mereka, diharapkan pemilik lain yang melihatnya dapat melakukan hal yang sama agar tetap aman dan hangat selama pemadaman.

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *