Pentingnya Peran Product Manager dalam Perusahaan Startup

Foto: HuffPost Canada

Teknologi.id – Startup merupakan sebuah perusahaan rintisan, yang belum lama berdiri, masih dalam fase pengembangan dan perintisan untuk menentukan pasar yang tepat. Oleh karena itu, perusahaan startup biasanya membutuhkan sumber daya yang mampu membawa perusahaan maju.

Layaknya perusahaan pada umumnya, sebuah perusahaan startup tentu harus memiliki pekerja. Ada beberapa posisi jabatan pekerja yang memiliki peran penting di perusahaan startup, salah satunya adalah Product Manager.

Apa itu Product Manager? dan mengapa perannya penting di perusahaan startup? Simak penjelasannya berikut.

Apa itu Product Manager?

Untuk memahami apa itu Product Manager, kamu harus terlebih dahulu mengetahui definisi “produk” yang dimaksud. Produk adalah solusi untuk masalah, entah itu sepeda, komputer super, dan dalam kasus startup, produk adalah solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan perusahaan saat ini.

Oleh karena itu, dikutip dari ekrut.com, pada hari Rabu (17/2), Product Manager merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk memimpin dan menghasilkan suatu produk dengan kualitas baik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta membuat strategi bisnis dari produk tersebut.

Ada banyak tugas seorang Product Manager, namun ada beberapa tugas inti dari posisi tersebut antara lain:

  • Melakukan riset produk
  • Mengatur strategi produk
  • Menangani masalah produk
  • Menjalin komunikasi dan kerja sama
  • Membuat rencana untuk tim produk

Baca juga: Mobil Terbang Terrafugia Transition Siap Hadir Tahun Depan

Mengapa Peran Product Manager Penting?

Peran Product Manager dapat dikatakan sangat penting bagi bertumbuhnya sebuah perusahaan startup. Pasalnya, salah satu hal yang paling krusial dalam perusahaan startup adalah pengembangan produk.

Sebuah perusahaan startup perlu melakukan pengembangan dan memiliki inovasi produk sehingga dapat bersaing dengan kompetitornya. Tanpa adanya pengembangan dan inovasi, sebuah startup akan berjalan di tempat dan bahkan dapat bangkrut. Agar dapat melakukan semua hal tersebut, dibutuhkan peran seorang Product Manager.

Jika sebuah perusahaan startup memiliki Product Manager yang mampu melakukan tugasnya seperti melakukan riset produk dan mampu menciptakan solusi yang dibutuhkan marketnya, mengatur strategi produk serta mampu mengkomunikasikannya secara kedalam dan keluar dengan sangat baik, maka besar kemungkinan bahwa perusahaan tersebut dapat berkembang pesat.

Hal tersebut dapat terjadi karena ketika sebuah perusahaan startup mampu menghasilkan solusi dari permasalahan yang sedang dialami, maka secara otomatis konsumen akan menggunakan produk tersebut.

Sebagai contoh, perusahaan startup Gojek. Saat itu, Nadiem Makarim yang merupakan pendiri Gojek, sering naik ojek dan merasa kesulitan mendapatkan ojek di jam-jam sibuk. Apalagi, seperti diketahui, ojek merupakan salah satu transportasi yang dapat diandalkan untuk menembus kemacetan Jakarta. Selain itu, Nadiem juga  sering mendengarkan keluh kesah para supir ojek. Sehingga ia tergerak untuk memberikan solusi untuk para supir ojek tersebut.

Oleh karena itu, Nadiem berniat untuk membuat suatu layanan online dimana para supir ojek dapat lebih mudah mendapatkan pelanggan dan pelanggan dapat lebih mudah menemukan layanan ojek. Berkat ide simpel tersebut, Gojek berhasil menjadi perusahaan startup pertama buatan Indonesia yang mampu menghadirkan layanan ojek secara online. Selain itu, Gojek juga menjadi perusahaan startup pertama Indonesia yang menyandang status decacorn.

Tidak berhenti sampai situ, Gojek terus melakukan riset agar dapat menciptaka solusi baru. Terbukti, tidak hanya go-Ride, Gojek juga memperluas layanannya seperti Go-Food, Go-Car, Go-Mart, Go-Med, dan lain sebagainya. Perluasan layanan tersebut tentu merupakan hasil kerja dari Product Manager Gojek beserta timnya.

Oleh karena itu, Product Manager kerap kali disebut sebagai “tangan kanan” CEO karena perannya yang sangat penting.

Baca juga: 4 “Investasi” Penting yang Harus Dimiliki Fresh Graduate

Itu dia pengertian Product Manager dan mengapa perannya penting untuk perusahaan Startup. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan profesi ini, kamu dapat mencari tahu lebih lanjut dengan mengikuti kelas premium “Journey Become a Product Manager” yang diadakan oleh Teknologi.id, lho! Kelas premium ini akan menghadirkan Devi Eko Irianto yang merupakan Senior Product Manager dari salah satu perusahaan media terkenal yaitu IDN Media. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan cek Instagram resmi Teknologi.id @teknologi_id, ya. Kami tunggu kehadiranmu!

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *