6 Rudal Penghancur Andalan TNI

Foto: Sosok.id

Teknologi.id – Salah satu alat perang yang banyak digunakan oleh militer dunia saat ini adalah peluru kendali atau rudal. Senjata ini mampu melumat kekuatan musuh dengan jarak tembak yang sangat jauh. Diketahui, negara-negara besar di dunia berlomba-lomba untuk memamerkan rudal miliknya agar mendapat citra militer yang kuat.

Di Indonesia sendiri, rudal juga telah menjadi salah satu alat perang yang digunakan militer Indonesia. Diam-diam, Indonesia ternyata memiliki rudal penghancur yang kehebatannya sudah diakui dan ditakuti oleh militer di kawasan Asia Tenggara. Hal ini disebabkan karena daya serangnya di darat maupun di udara.

Penasaran apa saja rudal penghancur yang dimiliki Indonesia? Dilansir dari Editor.id, pada hari Rabu (10/2), berikut daftar 6 rudal penghancur andalan TNI.

1. Yakhont P 800

Foto: Missile Defense Advocacy Alliance

Yakhont P 800 merupakan rudal andalan TNI AL. Rudal legendaris buatan Rusia ini mempunyai daya jelajah jarak menengah supersonik strategis generasi keempat yang baru digunakan oleh Rusia, Indonesia, Vietnam, Suriah dan India.

Yakhont P 800 memiliki jarak tembak 300 km atau setara dengan jarak Surabaya ke Semarang dengan berat hulu ledak 200 kg.

Selain kecepatannya yang tinggi, sekitar 2,5 kali kecepatan suara, keunggulan rudal Yakhont adalah kemampuannya untuk terbang pada ketinggian hanya 5 sampai 10 meter di atas permukaan laut. Ketinggian yang rendah ini sulit ditangkap oleh radar.

Di Indonesia, rudal ini ditempatkan di atas kapal perang dan bersifat dinamis. Yang berarti dapat digunakan untuk keperluan ofensif maupun defensif.

2. Raytheon AGM-65K2

Foto: Militer

Raytheon AGM-65K2 merupakan rudal udara andalan TNI AU. Raytheon AGM-65K2 diproduksi oleh Amerika Serikat dan telah digunakan oleh 30 negara di dunia, salah satunya Indonesia. Hingga saat ini, produksi rudal tersebut sudah mencapai sekitar 70.000 unit sejak pertama kali dibuat di tahun 1972.

Rudal yang memiliki diameter 300 mm dan panjang 2,49 meter ini dapat menempuh jarak tembak hingga 24 km jika digunakan dalam keadaan baik.

Raytheon sendiri memiliki kecepatan hingga 1.100 km per jam. Pergerakan yang sangat cepat sebelum akhirnya mencapai target sasaran.

Rudal ini diketahui dipasang pada pesawat tempur F-16 dan telah menjadi senjata andalan Indonesia yang dioperasikan oleh Skadron Udara bersama 10 unit F-16 serta 24 F-16 C/D.

3. Kh-59ME

Foto: Airbase.ru

Kh-59ME merupakan rudal anti kapal buatan Rusia. Rudal ini dibeli oleh Indonesia karena ingin mengulang kehebatan rudal AS-1 Kennel milik Rusia yang mampu menghancurkan kapal induk Belanda yang bernama Karel Doorman. Berkat bantuan rudal dari Rusia, pemerintah Soekarno dapat merebut kembali Irian Barat dari Belanda.

Rudal ini mampu menempuh jarak 115 kilometer dengan kecepatan luncur mencapai 1.100 kilometer per jam. Hingga saat ini, Kh-59ME telah dipakai oleh Indonesia, China, dan Korea Utara.

Nantinya, rudal ini akan dipasangkan ke pesawat tempur Sukhoi Su-27 dan Su-30.

Baca juga: AS Kembangkan Teknologi yang Dapat Ubah Udara Jadi Air Minum

4. Exocet MM40 Block 3

Foto: Indomiliter.com

Exocet MM40 Block 3 adalah rudal anti kapal high subsonic milik Indonesia. Rudal penghancur kapal perang ini merupakan buatan Prancis.

Di Indonesia sendiri, nama Exocet sudah tak asing lagi di kalangan TNI AL. Pasalnya rudal jenis ini telah sejak lama dipakai untuk memperkuat pengamanan di Indonesia.

Sebelum menggunakan varian baru ini, Indonesia telah menggunakan Block 2 dan sering digunakan untuk uji coba.

Exocert MM40 Block 3 memiliki panjang 5,8 meter dengan bobot 870 kg. Rudal ini mampu menempuh jarak hingga 200 km. Sebuah jarak yang signifikan terutama jika digunakan saat perang.

Rudal ini mampu membuat rusak kapal perang yang terkena hantamannya. Bahkan, kapal induk yang dimiliki oleh AS dan China juga dapat rusak jika dihantam rudal ini. Selain itu, jika sejumlah Exocet MM40 Block 3 yang berpemandu GPS ditembakkan sekaligus ke kapal induk, besar kemungkinan kapal induk tersebut akan tenggelam.

Kemampuannya yang sangat hebat membuat rudal anti kapal ini banyak dipakai oleh angkatan laut di seluruh dunia termasuk Indonesia, Yunani, dan Peru.

5. R-73

Foto: MiliterMeter

R-73 merupakan rudal pemburu paling hebat milik TNI AU. Rudal ini dibuat oleh Rusia sebagai pelengkap beberapa pesawat tempur seperti Sukhoi.

R-73 memiliki berat hingga 105 kg dengan panjang mencapai 2,93 meter. Rudal ini pertama kali dibuat oleh Rusia pada tahun 1984 dan masih berlanjut hingga sekarang.

Diketahui, rudal ini dipakai oleh banyak negara di dunia seperti Indonesia, Suriah dan Korea Utara karena kehebatannya dalam bertempur.

6. RBS-15 MK3

Foto: IndoMiliter

RBS-15 MK3 merupakan rudal multi platform yang dapat dipasang dimana saja seperti truk, pesawat tempur hingga kapal perang. RBS-15 MK3 merupakan rudal buatan Jerman.

RBS-15 MK3 memiliki panjang hingga 4,35 meter dengan wingspan 1,4 meter. Berat satu rudal bisa mencapai 800 kg dengan jarak tempuh mencapai 200 kilometer. Kecepatan rudal yang lumayan tinggi membuat rufal ini mampu mengenai sasaran dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Indonesia memasang rudal ini pada Kapal Cepat Rudal atau KCR dengan nama Klewang. Hingga saat ini Indonesia telah memiliki 4 unit peluncur rudal RBS-15 MK3.

Baca juga: Deretan Drone Ini Memiliki Kemampuan Membunuh yang Mematikan

Nah, itu dia 6 rudal penghancur milik Indonesia. Gimana, Indonesia juga tidak kalah keren dengan negara lain kan?

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *