5 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Laut menjadi salah satu wilayah terpenting untuk dijaga oleh suatu negara. Tidak hanya sekadar luas saja, tetapi laut memiliki peranan penting misalnya memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Berbagai negara memperkuat kekuatan angkatan lautnya agar dapat mempertahankan kekuasaannya, bahkan kekuatan tersebut bisa disegani oleh negara lain.

Berikut 5 angkatan laut terkuat di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber

1. Amerika Serikat

Foto: Kompas

Dikutip dari Kompas hari Selasa 09 Februari 2021, AS memiliki 11 kapal induk, jumlah tersebut merupakan terbanyak di dunia dibandingkan dengan negara manapun.

Bahkan jika seluruh negara menggabungkan kapal induknya, jumlah tersebut masih lebih sedikit dibanding yang dimiliki AS. Selain itu, AS juga memiliki 92 kapal perusak, 21 kapal korvet, 68 kapal selam, dan 13 kapal patroli. Ini belum termasuk kapal amfibi yang bisa mengangkut helikopter.

2. China

Foto: Jejaktapak

Baca juga: Rudal Balistik Milik Korea Utara ini Bisa Jangkau Indonesia?

Sejak tahun 1990-an, China rajin untuk meningkatkan kekuatan angkatan lautnya. Saat ini China memiliki 2 kapal induk, 74 kapal selam, dan masing-masing lebih dari 50 kapal perusak, dan 46 kapal fregat.

Selain itu, China juga mempunyai 72 kapal perusak, 79 kapal selam, dan 123 kapal patroli. Angkatan laut China dikabarkan berjumlah lebih dai 255.000 personel yang merupakan terbanyak kedua setelah AS.

3. Rusia

Foto: CNN Indonesia

Negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin saat ini memiliki satu kapal induk, belasan kapal selam, dan 11 kapal fregat. Selain itu Rusia juga mempunyai 85 kapal korvet, 15 kapal perusak, 64 kapal selam, dan 55 kapal patroli.

Rusia juga memiliki kapal perang berukuran besar yaitu Petr Veliky. Selain itu juga memiliki tiga kapal cruiser kelas Slava yang memiliki kemampuan antikapal, antipesawat dan antikapal selam.

4. Korea Selatan

Foto: JakartaGreater

Baca juga: Intip Ketangguhan USS Gerald R Ford, Kapal Induk milik AS

Pertumbuhan militer yang pesat di negara Korea Utara memicu Korea Selatan (Korsel) juga meningkatkan kekuatannya. Dikutip dari Sindonews, angkatan laut Korsel memiliki 70.000 personel.

Korsel tidak memiliki kapal induk tapi memiliki kapal tempur amphibi kelas Dokdo yang serupa dengan kapal induk ringan. Korsel juga memiliki Sejong the Great yang merupakan salah satu kapal perang paling canggih di dunia.

5.  Jepang

Foto: Pojoksuramadu

Baca juga: Rudal Balistik RS-28 Sarmat Milik Rusia Bisa Hancurkan AS

Angkatan laut Jepang memiliki 50.800 personil, lebih dari 150 kapal dan hampir 346 pesawat tempur. Jepang mengoperasikan kapal perang dan kapal selam yang canggih.

Meskipun Jepang tidak memiliki kapal induk, tapi memiliki 2 kapal angkut helikopter kelas Izumo dan 2 kapal kelas Hyuga.

Sedangkan untuk angkatan laut Indonesia, pada tahun 2020 memiliki 282 alutsista yang terdiri atas 7 kapal fregat, 24 kapal korvet, 5 kapal selam, 156 kapal patroli, dan 10 kapal penyapu ranjau.

Dari jumlah tersebut, kekuatan laut Indonesia menempati urutan ke-10 dunia dan nomor dua di Asia Tenggara setelah Thailand (posisi 8).

(fpk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *