Jet Tempur Su-57E Rusia Bakal Dilirik Banyak Negara?

Foto: Mata Mata Politik

Teknologi.id – Rusia mengklaim bahwa pelanggan asing menunjukkan minat yang tinggi pada versi ekspor pesawat tempur generasi kelima Sukhoi Su-57E miliknya.

Dilansir dari TASS, pada hari Senin (8/2), hal ini diketahui setelah Direktur Kerjasama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec Viktor Kladov memberikan pernyataan kepada TASS.

“Jika kita berbicara tentang Su-57E, pesawat ini membangkitkan minat yang tinggi di banyak negara karena memiliki sifat tempur dan karakteristik penerbangan yang unik. Kami melihat bahwa ada kebutuhan akan pesawat generasi berikutnya dan ada ceruk pasar dan pra persyaratan untuk pengiriman pesawat ini, ” kata Rostec Viktor Kladov.

Diketahui, model ukuran penuh dari pesawat tempur Su-57E ini telah didemonstrasikan di pameran kedirgantaraan Aero India 2021 yang berlangsung di kota Bangalore di India pada 3-5 Februari.

Diklaim bakal diminati oleh banyak negara, seperti apa spesifikasi dan teknologi yang dimiliki pesawat jet tempur Su-57E?

Baca juga: Rudal Balistik RS-28 Sarmat Milik Rusia Bisa Hancurkan AS

Spesifikasi Pesawat Jet Tempur Su-57E

Foto: Indomiliter.com

Su-57E adalah pesawat tempur multiperan generasi kelima yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target di udara, darat dan laut.

Jet tempur Su-57E memiliki fitur teknologi siluman dengan penggunaan material komposit yang luas. Sehingga, Su-57E mampu mengembangkan kecepatan jelajah supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik paling canggih termasuk komputer onboard yang kuat (disebut electronic second pilot), sistem radar yang tersebar di seluruh tubuhnya, persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawat dan beberapa inovasi lain.

Su-57E mengudara untuk pertama kalinya pada 29 Januari 2010. Dibandingkan dengan pendahulunya, Su-57E menggabungkan fungsi pesawat serang dan jet tempur yang menggunakan material komposit.

Selain itu, teknologi inovasi dan konfigurasi aerodinamis pesawat tempur pada jet ini dapat memastikan radar dalam tingkat rendah dan penandaan inframerah. Su-57E juga dilengkapi dengan rudal hipersonik. 

Jet tempur generasi kelima ini diketahui telah berhasil diuji coba dalam kondisi pertempuran di Suriah.

Baca juga: Teknologi Jet Tempur Pertama Boeing, Pesawat F-15EX

Selain pesawat jet tempur Su-57E, Kladov juga mencatat potensi ekspor yang tinggi dari helikopter tempur Mi-28NM Rusia yang ditingkatkan.

“Saya yakin minat pelanggan asing akan sangat tinggi saat modifikasi ini muncul di pasar ekspor,” ujarnya.

Mi-28NM membawa persenjataan yang lebih besar dari senjata berpemandu dan tidak berpandu. Selain itu, helikopter tempur ini juga dilengkapi dengan deteksi target yang ditingkatkan, jangkauan penghancuran dan avionik canggih yang sangat menyederhanakan operasi kru.

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *