Lansia Mulai Divaksinasi Besok, BPOM: Harus Hati-hati

PEMBERIAN MASKER UNTUK PENGHUNI PANTI JOMPO

Badan Pengawasan Obat-obatan dan Makanan memberikan izin penggunaan vaksin CoronaVac kepada kelompok usia lanjut. Kepala Badan POM Penny Lukito mengatakan, Badan POM telah membahas bersama Tim Komite Nasional (Komnas) Penilai Obat dan para ahli di bidang vaksin, ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization), Dokter Spesialis Alergi dan Imunologi, dan Dokter Spesialis Geriatrik dalam menetapkan keputusan penggunaan vaksin COVID-19 untuk lansia.

Berdasarkan hasil evaluasi bersama tersebut, maka pada tanggal 5 Februari 2021 Badan POM menerbitkan EUA vaksin CoronaVac untuk usia 60 tahun ke atas, dengan 2 dosis suntikan vaksin yang diberikan dalam selang waktu 28 hari.

Namun, mengingat populasi lansia merupakan populasi berisiko tinggi, maka pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati. Kelompok lansia cenderung memiliki berbagai penyakit penyerta atau komorbid yang harus diperhatikan dalam penggunaan vaksin ini.

“Oleh karena itu, proses skrining menjadi sangat kritikal sebelum dokter memutuskan untuk memberikan persetujuan vaksinasi, ” kata Penny dalam konferensi pers virtual pada Minggu (7/2/2021).

<iframe style="height: …

Selengkapnya : Lansia Mulai Divaksinasi Besok, BPOM: Harus Hati-hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *