Tips Menggunakan WiFi Publik agar Terhindar dari Hacker

Foto: News

Teknologi.id – Di era serba digital seperti saat ini, sambungan internet telah menjadi kebutuhan pokok manusia. Rasanya, jarang ada manusia yang telah mempunyai smartphone atau perangkat elektronik modern lain namun tidak memiliki sambungan internet. 

Ada banyak cara untuk terhubung dengan internet. Salah satunya adalah dengan menggunakan WiFi atau hotspot. Saat ini, banyak tempat umum yang telah menyediakan WiFi publik secara gratis. Tak jarang pula tempat-tempat nongkrong juga dilengkapi dengan fasilitas ini agar dapat membuat pelanggannya betah.

Menggunakan WiFi publik secara gratis pasti tampak sangat menyenangkan dan menarik untuk dilakukan. Namun, tahukah kamu jika WiFi publik tersebut sering menimbulkan masalah karena rentan diretas oleh hacker?

Melalui WiFi publik, para hacker mengincar data pribadimu. Data pribadi ini dapat diakses ketika perangkatmu terhubung dengan WiFi publik tersebut. 

Oleh karena itu, untuk kamu yang masih ingin menggunakan WiFi publik dengan aman, ada beberapa tips dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dapat kamu lakukan. Dilansir dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfo, pada hari Jumat (5/2), berikut tips jitu untuk menggunakan WiFi publik dengan aman.

1. Gunakan WiFi Publik yang Kamu Kenali

Foto: Touch Bistro

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah gunakan WiFi publik yang kamu kenali. Jika kamu sedang berada di suatu tempat, tanyakan terlebih dahulu kepada petugas WiFi mana yang dapat kamu akses. Jangan sembarangan menyambungkan perangkatmu dengan sambungan WiFi yang tersedia. 

2. Gunakan Website HTTPS

Saat sedang menggunakan WiFi publik, pastikan kamu hanya membuka website yang menggunakan HTTPS. Website dengan HTTPS lebih terjamin keamanannya karena menggunakan SSL certificate yang dapat melindungi akun dan data pengguna. Hal ini dapat dilihat dengan adanya ikon gembok disamping kolom alamat URL pada website. Mayoritas, website dari perusahaan besar akan menggunakan HTTPS agar lebih aman. 

3. Aktifkan Firewall

Foto: Emsisoft Blog

Jika kamu menggunakan sambungan WiFi melalui laptop, pastikan kamu mengaktifkan firewall. Firewall adalah program software yang berfungsi untuk mencegah akses tidak sah. Jika kamu menggunakan laptop Windows, berikut cara mengaktifkannya:

  • Masuk ke “Control Panel”
  • Klik “Windows Firewall”
  • klik “Turn On” pada “Windows Firewall”
  • Masukkan username kata sandi administrator untuk memverifikasi

Jika kamu pengguna laptop MacBook, berikut cara mengaktifkannya:

  • Klik logo Apple di pojok kiri atas 
  • Pilih “System Preferences”
  • Pilih “Security & Privacy”
  • klik tab “Firewall”
  • Aktifkan dengan mengklik ikon gembok, lalu masukkan user name dan kata sandi administrator
  • Setelah itu klik “Unlock” lalu klik “Turn On” 

4. Hindari Keperluan Perbankan atau Transaksi Online

Foto: Haas & Fischer

Sebisa mungkin jangan melakukan keperluan perbankan atau transaksi online saat melakukan keperluan perbankan atau transaksi online. Karena jika ada hacker yang berhasil meretas perangkatmu melalui WiFi publik, maka data perbankan atau bahkan uangmu dapat diambil oleh hacker. Sebaiknya, ubahlah ke data seluler terlebih dahulu jika sedang melakukan aktivitas ini. 

5. Hindari Menggunakan VPN

Foto: PCMag UK

Selain perlu berhati-hati dalam menggunakan WiFi publik, Kemkominfo juga menyarankan agar kamu tidak menggunakan VPN. Pasalnya, dengan menggunakan VPN, data pengguna lebih rentan untuk dicuri. 

Baca juga: Ingin Sembunyikan Aplikasi di iPhone? Begini Caranya

Data privasi merupakan sesuatu yang harus sangat dirahasiakan. Oleh karena itu, jika kamu masih ingin menggunakan WiFi publik, ikuti tips ini ya agar terhindar dari hacker. 

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *