HarmonyOS Ternyata Hasil Modifikasi dari Android 10?

Huawei pernah mengklaim bahwa HarmonyOS adalah sistem operasi buatannya yang berbeda dengan Android sehingga bisa menjadi alternatif bagi pengguna yang mau merasakan pengalaman berbeda.

Ternyata HarmonyOS belum sepenuhnya baru sesuai dengan klaim Huawei. Hal ini terungkap saat jurnalis Ars Technica Ron Amadeo berhasil mengakses HarmonyOS 2.0 versi beta yang saat ini hanya tersedia di China.

Dalam laporannya, Amadeo menemukan sistem operasi ini masih menjalankan Android 10 yang telah diganti namanya. Untuk bisa mengakses HarmonyOS, Amadeo menceritakan pengalamannya bahwa sulit untuk mendapatkan akses sistem operasi tersebut.

Baca juga: Pengguna Tidak Bisa Unggah Instagram Feed di Stories Lagi?

Sebelum diizinkan mencoba HarmonyOS, Amadeo harus mendaftar sebagai developer dengan memberikan sejumlah tanda pengenal seperti foto paspor, kartu kredit, dan SIM.

Langkah selanjutnya harus menunggu dua hari untuk prosesi verifikasi identitas. Dibandingkan dengan Google, untuk mengunduh SDK (Software Development Kit) Android bagi developer dapat dilakukan secara gratis dan tanpa syarat.

Setelah mendapatkan akses, Amadeo menemukan ia tidak bisa menjalankan emulator sistem operasi ini di perangkatnya sendiri, tetapi harus menggunakan emulator remote. 

Baca juga: iOS 14.5 Developer Beta Bisa Unlock Face ID Saat Bermasker

Amadeo melihat antarmuka HarmonyOS sangat mirip seperti EMUI yang saat ini digunakan ponsel Huawei saat mengaktifkan ponselnya.

Huawei memang mengklaim mereka memindahkan tampilan dan pengalaman menggunakan EMUI ke sistem operasi terbarunya, HarmonyOS

Tampilan mirip dengan Android 10

Foto: Detik

Tetapi diduga Huawei hanya mengganti tulisan ‘Android’ menjadi ‘HarmonyOS’. Saat memasuki halaman App Info, Amadeo menemukan banyak data-data Android seperti ‘Android Services Library’, ‘Android Shared Library’, ‘Androidhwext’, dan masih banyak lagi.

Uniknya pada halaman app info untuk HarmonyOS System, terdapat ‘version 10’, yang diduga mengacu pada Android 10 yang merupakan basis dari HarmonyOS.

Baca juga: Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Padahal HarmonyOS saat ini baru hadir dalam dua versi saja. Amadeo juga memuji HarmonyOS yang dinilai sudah sangat siap digunakan jika dibandingkan dengan sistem operasi yang baru berkembang seperti Google Fuchsia dan Samsung Tizen.

“Jika HarmonyOS benar-benar sistem operasi ‘baru’, teknisi Huawei melakukan pekerjaan yang luar biasa! Mereka bahkan menyalin semua fitur Android 10 dengan sempurna,” tulis Amadeo dalam laporannya, seperti dikutip Detik dari Ars Technica, Kamis 04 Februari 2021.

Meski belum dirilis, HarmonyOS sudah mendukung banyak aplikasi di antaranya Microsoft, Google, Amazon, WeChat, Weibo dan lain-lain yang tersedia di aplikasi Huawei AppGallery.

(fpk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *