Pemerintah Bentuk Posko hingga Tingkat RT untuk Kendalikan Covid-19

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penangan Covid-19 Wiku Adisasmito

Pemerintah akhirnya membentuk pos komando hingga ke tingkat mikro untuk menangani pandemi corona. Hal itu merupakan respons terhadap peningkatan kasus Covid-19 dan perilaku masyarakat yang tak patuh protokol kesehatan. 

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, pembentukan posko tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto.  Presiden ingin penanganan Covid-19 dilaksanakan melalui pendekatan mikro hingga level RT/RW dengan melibatkan TNI, Polri, tokoh masyarakat, adat, dan agama. 

Menindaklanjuti arahan presiden, Satgas Penanganan Covid-19 menggelar rapat koordinasi dengan seluruh kepala desa atau lurah seluruh Indonesia. Rapat itu juga dihadiri pejabat kementerian dan lembaga terkait.

Dalam rapat itu disepakati bahwa posko tersebut akan berfungsi sebagai tempat koordinasi, pengendalian, evaluasi, serta eksekusi penanganan Covid-19 di daerah masing-masing. “Fungsi prioritasnya mendorong perubahan prilaku, layanan masyarakat, pusat kendali informasi, serta penguatan 3T yaitu tes, telusur, tindak lanjut di tingkat desa atau kelurahan, ” kata Wiku …

Selengkapnya : Pemerintah Bentuk Posko hingga Tingkat RT untuk Kendalikan Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *