4 Tips Membeli Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhan

Laptop merupakan salah satu sarana yang bagi sebagian orang sangat membutuhkannya. Tidak hanya untuk bekerja, tetapi juga untuk sekolah/kuliah.

Bagi sebagian orang mungkin sudah mengerti bagaimana cara membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhannya. Tidak sedikit juga yang masih bingung bagaimana cara memilih yang cocok. Berikut 4 tips membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan

1.Tentukan harga yang pas

Foto: radar Lombok

Baca juga: Google Ingin Hengkang, Australia Beralih ke Microsoft Bing?

Yang pertama pastikan dulu berapa anggaran yang tersedia untuk membeli laptop, hal ini untuk memperinci pilihan laptop nantinya ketika hendak memilih.

Tidak hanya itu, survei harga laptop yang menjadi incaran juga sangat diperlukan agar tidak ditipu oleh pihak penjual mengenai harga laptop yang sebenarnya.

2. Tentukan kebutuhan

Foto: PC Mag

Biasanya, suatu merk laptop yang beredar di pasaran telah dibuat berbagai tipe sesuai dengan peruntukkannya masing-masing. Hal tersebut agar pembeli tidak bingung seri apa yang cocok untuk kebutuhannya.

Sebagai contoh untuk merk ASUS ada varian ROG yang ditujukan untuk gamers, varian TUF untuk gamers kelas mainstream, VivoBook untuk penggunaan sehari-hari dalam komputasi ringan, ZenBook untuk kalangan profesional yang membutuhkan spesifikasi tinggi tetapi tetap ringkas, dan tipe lainnya.

Contoh lain merk Lenovo yang mempunyai varian Legion untuk gamers, ThinkPad untuk kalangan bisnis, IdeaPad untuk penggunaan ringan dan multimedia, dan tipe-tipe lainnya.

3. Pilih performa yang pas

Foto: charity dynamics

Baca juga: Tips Editing Foto di Lightroom Supaya Makin Kece

Setiap laptop memiliki performa yang berbeda-beda. Untuk penggunaan ringan seperti Microsoft Office maka cukup menggunakan prosesor i3 atau yang setara, tentunya gunakan generasi prosesor yang tidak terlalu lawas.

Bagi gamers maka dibutuhkan juga GPU eksternal yang sudah tertanam pada laptop tersebut. Saat ini GPU eksternal juga sangat berguna untuk rendering video karena banyak aplikasi yang sudah mendukung openCL.

4. Perhatikan spesifikasi lainnya

Foto: ultrabookreview

Baca juga: Kecanduan Gadget? Berikut Ciri dan Cara Mengatasinya

Sesuai dengan kebutuhan masing-masing maka spesifikasi yang dibutuhkan juga akan berbeda. Misalnya konten kreator yang membutuhkan layar 100% sRGB.

Orang yang mempunyai mobilitas tinggi maka butuh yang memiliki bobot ringan dan ringkas. Selain itu, membaca review suatu produk laptop juga dibutuhkan agar mengetahui kelebihan dan kekurangan laptop tersebut sebelum membelinya.

(fpk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *