Tips Editing Foto di Lightroom Supaya Makin Kece


Foto: Preset Pro

Teknologi. Id – Saat ini, aplikasi Lightroom menjadi aplikasi editing foto yang cukup populer digunakan. Aplikasi ini dapat digunakan baik di smartphone maupun desktop. Aplikasi ini dapat membuat foto yang semua terlihat biasa saja menjadi lebih menarik baik dari segi warna, tekstur, maupun unsur fotografi lain.

Agar foto yang diedit hasilnya menjadi lebih maksimal dan kece, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan ketika menggunakan aplikasi Lightroom. Apa sajakah itu?

1. Ambil Gambar Dalam Format Raw

Foto: Bungkul

Jika kamu berencana untuk menghasilkan gambar detail dan perlu diedit sedemikian rupa, setidaknya ambil gambar atau foto tersebut dalam format RAW. RAW cocok untuk menghasilkan gambar editan yang bagus karena tidak mengompres kualitas gambar.

2. Atur Exposure dan Lighting 

Foto: IDN Times

Apabila foto atau gambar memiliki pencahayaan yang kurang atau terlalu berlebih, maka atur hal tersebut dengan menggunakan exposure dan lighting. Sesuaikan terang gelapnya foto tersebut sesuai keinginan kamu untuk dapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Tidak Bisa Gunakan Instagram Music? Ini caranya!

3. Atur White Balance

Foto: IDN Times

Jika ingin mendapatkan hasil gambar yang lebih realistis, atur white balance foto kamu di aplikasi Lightroom. White balance dapat memberikan efek spesial pada fotomu yang membuatnya jadi lebih real dan menarik.

4. Maksimalkan Warna Gambar

Foto: Adobe

Buat warna gambar yang kamu edit menjadi lebih tajam dengan menggunakan fitur color di aplikasi Lightroom. Kamu dapat mengaturnya di vibrance dan saturation. Hanya saja jangan terlalu tinggi untuk mengatur hal ini. Terlalu meninggikan vibrance dan saturation membuat gambar tampak tidak alami.

5. Kurangi Noise

Foto: Adobe

Jika di foto terlihat bintik-bintik putih dikarenakan ISO yang terlalu tinggi, kurangi hal tersebut dengan menggunakan fitur di aplikasi Lightroom. Kamu dapat menggunakan noise reduction agar gambarmu menjadi lebih mulus.

6. Perspektif dan Pemotongan Gambar

Foto: Adobe

Fitur geometry dapat digunakan untuk mempercantik perspektif gambar yang kamu ambil. Selain itu, gunakan fitur cut untuk memotong bagian dari fotomu yang terlihat mengganggu.

(MIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *