Ingin Buat Custom Keyboard Shortcuts di MacBook? Ini Caranya

Foto: Forbes

Teknologi.id – Jika kamu ingin melakukan aktivitas di MacBook dengan lebih cepat dan efisien, maka menggunakan keyboard shortcut dapat menjadi salah satu pilihan. Bagi yang belum mengetahui, keyboard shortcut merupakan kombinasi tombol keyboard yang ditekan untuk melakukan berbagai tugas atau perintah di komputer atau laptop. Dengan kata lain, keyboard shortcut adalah jalan pintas bagi mereka yang ingin melakukan sesuatu hanya dengan menggunakan beberapa tombol keyboard. 

Ada banyak keyboard shortcut yang umum digunakan di berbagai komputer atau laptop, seperti CTRL+C (Windows) atau Command+C (MacOS) untuk perintah “copy” atau CTRL+V (Windows) atau Command+V (MacOS) untuk perintah “paste”. 

Dengan menggunakannya, kamu tidak perlu menggunakan trackpad ketika ingin melakukan sesuatu. Selain itu, kamu juga dapat mencari sesuatu lebih cepat dengan adanya keyboard shortcut. 

Sebagai contoh, ketika sedang membuka satu aplikasi, kamu juga ingin mencari sebuah file di MacBookmu. Kamu tidak perlu keluar dari aplikasi tersebut dan mencari file yang kamu inginkan. Cukup tekan tombol “Command” dan “Space” pada keyboard maka fitur Spotlight akan muncul. Kamu bisa langsung mencari file yang kamu maksud melalui Spotlight.

Pada dasarnya, MacBook telah memiliki keyboard shortcut bawaan yang bisa langsung digunakan, seperti keyboard shortcut Spotlight. Namun, ternyata kamu dapat membuat sendiri keyboard shortcut khusus aplikasi sesuai keinginanmu, lho! Berikut cara membuat keyboard shortcut khusus aplikasi.

Baca juga: Elon Musk Buat Monyet Bisa Main Game, Gimana Caranya?

Cara Membuat Keyboard Shortcut Khusus Aplikasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka “Preference” pada aplikasimu. Sebagian besar aplikasi mungkin telah memiliki kumpulan keyboard shortcut yang tidak dapat diubah.

Namun, jangan khawatir. Kamu tetap dapat membuat keyboard shortcut selain yang telah tersedia. Berikut caranya:

  • Klik logo Apple di pojok kiri atas
  • Pilih “System Preferences”

  • Pilih “Keyboard”

  • Klik tab “Shortcut”
  • Setelah itu, klik “App Shortcuts” di sisi kiri menu

  • Klik ikon (+)

  • Lalu, pilih aplikasi yang dimaksud. Isi “menu title” dengan nama untuk keyboard shortcut, kemudian isi keyboard shortcut dengan menekan tombol “Command” dengan huruf, angka, atau simbol yang diinginkan
  • Klik “Add” untuk menyelesaikan

Setelah menyimpan perubahan, keyboard shortcut kamu baru akan berfungsi. Untuk diingat, jangan sampai kamu membuat keyboard shortcut yang menimpa keyboard shortcut fungsional lainnya.

Baca juga: Begini Cara Hide atau Un-hide Slide di PowerPoint

Nah, itu dia cara membuat keyboard shortcut khusus aplikasi di MacBook. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *