Cuaca Ekstrim, 4 Dusun di Desa Pesisir ‘Diserang’ Banjir Rob

BeritaNasional.ID-SITUBONDO-Ombak besar yang masih menyelimuti laut di Kabupaten Situbondo kembali menerjang permukiman penduduk di Dusun Lesanan Lor RT.003 RW.001, Dusun Lesanan Kidul RT,001 RW.001 dan Dusun Mandaran Karang Tambak RT.004 RW.001 serta Dusun Gudang, Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Jum’at (29/1/2021).

Akibat terjangan ombak atau banjir Rob tersebut, pelataran rumah-rumah penduduk terkenang air laut setinggi 30 hingga 60 centimeter, sedangkan air yang masuk kedalam rumah kurang lebih setinggi 20 sampai dengan 30 centimeter. Tidak ada korban jiwa dalam pertiwa banjir Rob tersebut, yang ada hanya kerugian materil yang dialami warga setempat.

“Akibat dasyatnya terjangan ombak atau banjir Rob yang melanda 4 dusun nelayan di Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo tersebut, rumah penduduk tergenang banjir Rob. Dalam peristiwa ini, tidak ada korban jiwa yang ada kerugian materil,” terang Puriyono Penyusun Laporan, Data dan Informasi pada Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Kabupaten Situbondo.

Selanjutnya, kata Puriyono, Forkopimka Kecamatan Besuki berserta anggota pusdalops BPBD, perangkat Desa Pesisir melakukan pemantauan dan imbauan kepada dan masyarakat setempat agar tidak panik menghadapi banjir rob tersebut. “Kita bersama Koramil Besuki, Polsek Besuki dan Forkopimka Kecamatan Besuki lainnya memberikan imbauan kepada masyarakat di 4 dusun yang terdampak banjir Rob,” jelas Puriyono.

Cuaca ekstrem gelombang rob dan angin kencang yang terjadi Jumat, (29/12021), sekira pukul 21.00 WIB berdampak pada banjir rob yang menggenangi pelantaran dan rumah penduduk di 4 Dusun, Desa Pesisir Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Akibat peristiwa banjir rob tersebut, dampak kerugian materil yang dialami masyarakat yakni, di Dusun Lesanan Lor ada 30 rumah penduduk yang kemasukan banjir rob, dua perahu nelayan mengalami kerusakan. Perahu milik Sipsarjo rusak total dan perahu milik Asmon rusak sedang. Selanjutnya, di Dusun Lesanan Kidul ada 8 rumah penduduk yang kemasukan banjir rob dan di Dusun Mandaran Blok Karang Tambak ada 10 rumah penduduk tergenang banjir rob serta di Dusun Gudang ada 4 rumah penduduk yang kemasukan banjir rob.

Selain itu, tangkis laut di daerah pinggir jalan pantura pantai Pasir Putih dan KKP Taman Wisata Pasir Putih, Desa Pasir Putih Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo ambruk di terjang ombak. “Sekitar pukul 23.45 WIB gelombang laut beransur-ansur reda. Kami bersama petugas lainnya tetap berjaga-jaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” pungkas Puriyono Penyusun Laporan, Data dan Informasi pada Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Kabupaten Situbondo.

The post Cuaca Ekstrim, 4 Dusun di Desa Pesisir ‘Diserang’ Banjir Rob appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *