7 Pinjaman Uang Online Terbaik Tanpa Jaminan dan Syarat

Seiring dengan pesatnya perkembangan industri Fintech di Indonesia, jumlah platform pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat pun semakin bertambah. Bahkan menurut data terakhir dari OJK, sudah ada lebih dari 150 platform Fintech yang resmi beroperasi di tanah air. Diantara ratusan platform tersebut, ada sejumlah aplikasi pinjaman online terbaik yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Di bawah ini kami merangkum 7 aplikasi pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang patut dipertimbangkan sebagai solusi atas permasaalahan keuangan Anda.   

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan salah satu platform Peer to Peer Lending resmi yang beroperasi di Indonesia. Kredit Pintar sudah terdaftar dan mendapatkan izin dari OJK sehingga aman untuk digunakan.

Di Kredit Pintar, Anda dapat mengajukan pinjaman online KTA sekali bayar dan cicilan dengan plafon pinjaman sampai dengan Rp8 juta dan tenor maksimal 1 tahun. Proses pengajuan pinjaman di Kredit Pintar sangatlah cepat, kurang lebih 5 menit. Selain itu, suku bunga yang dibebankan kepada peminjam juga tergolong rendah, yaitu 0,19% – 0,5% per hari.

Sejak berdiri tahun 2017, aplikasi Kredit Pintar telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store dan menerima banyak sekali ulasan positif dari pengguna. Hal ini secara tidak langsung membuktikan bahwa Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online terbaik di Indonesia dengan pelayanan yang memuaskan.

2. Akulaku

Akulaku adalah platform Fintech pinjaman online resmi yang sudah berizin OJK. Tidak hanya melayani pengguna di Indonesia, Akulaku juga sudah beroperasi di tiga negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Jika Anda memiliki masalah dengan akun atau pinjaman di Kredit Pintar, Anda bisa menghubungi call center Kredit Pintar 24/7 lewat fitur yang tersedia di aplikasinya langsung, email, maupun via telpon di (021) 50598882.

Saat ini Akulaku menawarkan tiga produk pinjaman tunai antara lain pinjaman KTA jangka pendek, pinjaman cicilan, dan layanan kredit online untuk belanja barang di aplikasi Akulaku e-commerce maupun di toko online lain seperti Bukalapak dan Shopee.

Kendati menawarkan bunga tinggi, 0,8% per hari, Akulaku nampaknya masih menjadi salah satu pinjaman online terbaik yang memiliki banyak pengguna setia di Indonesia. Padahal, di samping bunga tinggi yang mereka bebankan ke peminjam, Akulaku juga terbilang abai terhadap aturan OJK soal privasi.

Meskipun OJK sudah melarang semua Fintech untuk mengakses data kontak di smartphone pengguna, namun hingga sekarang Akulaku masih tetap mensyaratkan pengguna untuk memberikan izin akses ke data kontak bila ingin mengajukan pinjaman di aplikasi ini. Jika tidak, pengajuan Anda otomatis tidak akan diproses.

3. AdaKami

Pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat berikutnya juga bisa Anda dapatkan melalui aplikasi AdaKami. AdaKami adalah platform pinjaman online yang bernaung di bawah PT. Pembiayaan Digital Indonesia yang sudah mendapatkan izin dari OJK.

Di AdaKami, tersedia pinjaman sekali bayar dan cicilan dengan limit hingga Rp4 juta dan jangka waktu pengembalian maksimal 6 bulan. Suku bunga pinjaman di Adakami berkisar antara 0,3% – 0,8% per hari tergantung nilai skor kredit dari masing-masing peminjam.

Sebelum mengajukan pinjaman online di AdaKami, pastikan Anda sudah mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Soalnya, pengajuan pinjaman di AdaKami tidak bisa dilakukan vie website melainkan langsung lewat aplikasinya yang bisa Anda unduh di App Store atau Google Play.

4. Gopay Paylater

Gopay Paylater sebetulnya bukan aplikasi pinjaman online, melainkan sebuah fitur pinjaman yang tersedia di aplikasi Gojek. Fitur ini hadir berkat kerjasama antara Gojek dengan Findaya yang dioperasikan oleh PT Mapan Global Reksa (sekarang berubah jadi PT Mapan Global Tech), perusahaan Fintech yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK.

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi pinjaman online, Gopay Paylater tidak menerima pendaftaran pengguna sama sekali. Akan tetapi, mereka sendiri yang memilih pengguna Gopay mana saja yang layak untuk mendapatkan fasilitas pinjaman ini.

Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa kekurangan lain dari Gopay Paylater. Pertama, limit pinjamannya tidak bisa dicairkan ke rekening pribadi, tetapi hanya boleh dibelanjakan lewat layanan Gojek atau layanan lainnya yang sudah bekerjasama dengan Gopay.

Kedua, limit pinjaman yang diberikan sangat rendah, hanya Rp500.000 dan belum ada opsi untuk cicilan sekalipun Anda sudah menggunakan layanan ini sangat lama. Terakhir, Gopay Paylater tidak memiliki layanan call center, layaknya call center Kredit Pintar.

Yang ada hanyalah laman FAQ yang kadangkala tidak mengatasi masalah dan kalau mau menghubungi pihak Gopay Paylater pun, Anda harus mengirim email ke customer service Gojek yang kadangkala membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan balasan.

5. TunaiKita

Pinjaman uang online tanpa jaminan dan hanya bermodalkan KTP juga bisa Anda peroleh dari aplikasi TunaiKita. Aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi OJK sebagai penyelenggara fintech resmi di Indonesia sehingga aman digunakan.

Pinjam uang di TunaiKita hanya bisa dilakukan via aplikasi yang bisa Anda unduh di Google Play. Saat ini, TunaiKita memiliki dua produk pinjaman unggulan yakni pinjaman jangka pendek sekali bayar dan pinjaman cicilan dengan limit hingga Rp4 juta dan tenor mulai dari 30 hari sampai dengan 6 bulan.

Khusus pinjaman jangka pendek, suku bunga yang dibebankan TunaiKita kepada peminjam adalah 0,8% per hari atau 24% per bulan. Sedangkan untuk pinjaman produktif dengan sistem pembayaran cicilan di TunaiKita dibebankan biaya bunga antara 5% – 8% per bulan.

6. UKU

Sama seperti TunaiKita, UKU juga adalah aplikasi pinjaman online resmi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK namun belum memiliki status berizin. UKU menyediakan produk pinjaman sekali sekali bayar dan cicilan dengan nominal maksimal pinjaman mencapai Rp5 juta dan jangka waktu pengembalian hingga 180 hari.Proses pendaftaran dan pengajuan pinjaman di UKU terbilang mudah dan cepat. Hanya saja, dalam proses pendaftaran, UKU mewajibkan penggunanya untuk memasukkan nomor kontak darurat terlalu banyak, bahkan sampai enam nomor kontak darurat. Padahal, di aplikasi pinjol lain jumlah nomor kontak darurat yang diminta maksimal hanya tiga.  

7. Rupiah

CepatTerakhir, ada aplikasi pinjaman online terbaik Rupiah Cepat. Rupiah Cepat adalah platform Fintech penyedia jasa pinjaman online mikro tanpa jaminan yang bernaung di bawah bendera PT Kredit Utama Fintech Indonesia (KUFI) yang sudah terdaftar dan berizin OJK.Di Rupiah Cepat, Anda dapat mengajukan pinjaman online mikro dan cicilan dengan limit mulai dari Rp600 ribu sampai dengan Rp5 juta dan tenor maksimal hingga 6 bulan. Suku bunga pinjaman di Rupiah Cepat tergolong tinggi yaitu 0,8% per hari bahkan seringkali juga mencapai 1% per hari yang mana menyalahi aturan dari OJK.

Kesimpulan

Di Indonesia, jumlah platform yang menyediakan jasa pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat diperkirakan akan terus bertambah seiring waktu. Walau begitu, pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi pinjaman online terpercaya dengan layanan terbaik seperti Kredit Pintar. Melalui fitur call center Kredit Pintar, Anda tidak perlu khawatir lagi bila sewaktu-waktu membutuhkan bantuan terkait dengan kendala yang dialami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *