4 Alternatif Aplikasi Google Lens untuk Pengguna Android

Foto: The Verge

Teknologi.id – Sejak awal dirilis pada tahun 2017, Google Lens telah menjadi salah satu aplikasi favorit pengguna Android. Pasalnya, aplikasi tersebut menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelegence) yang dikembangkan Google sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi objek yang ditangkap oleh kamera smartphone Android.

Selain Google Lens, ada beberapa aplikasi yang juga memiliki fungsi yang sama bahkan menawarkan fitur lain yang beda dari Google Lens. Penasaran? Dilansir dari Make Use Of, pada hari Jumat (29/1), berikut daftar 4 aplikasi alternatif selain Google Lens. 

1. PictPicks

Foto: Google Play

PictPicks dapat membantu pengguna untuk menemukan gambar yang mirip dengan yang diunggah atau cari. Di layar beranda aplikasi, pengguna dapat memiliki akses ke kolom penelusuran untuk pencarian cepat. Aplikasi ini memiliki fitur filter yang memungkinkan pengguna untuk mempersempit hasil pencarian gambar atau memblokir konten eksplisit.

PictPicks juga memiliki fitur Search by Image. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk memulai pencarian dengan mengambil foto secara instan atau memilih gambar dari galeri pengguna. Selain itu, PictPicks juga memiliki Private Mode yang dapat diaktifkan jika pengguna tidak ingin aktivitasnya diketahui.

Sebagian besar dari hasil pencarian berupa gambar. Namun, halaman hasil pencarian juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui sumber gambar, membagikan, menyimpan, dan menggunakan gambar tersebut di aplikasi lain.

2. Search by Image

Foto: Google Play

Search by Image merupakan aplikasi yang dapat membantu pengguna melakukan pencarian gambar. Dengan tampilan hasil gambar yang luas, aplikasi ini cocok untuk mencari produk atau hal serupa.

Aplikasi ini memiliki beberapa opsi tentang cara memulai mencari gambar. Pengguna dapat memilih foto dari galeri, mengambil foto secara instan, atau berbagi foto dari aplikasi lain (seperti WhatsApp). Search by Image memiliki tiga tingkat pemfilteran konten eksplisit.

Search by Image menyediakan tools untuk mengedit gambar. Selain itu, melalui settings, pengguna dapat memilih tempat untuk melihat hasil pencarian yaitu dengan menggunakan browser dalam aplikasi atau browser pada smartphone pengguna. Pengguna juga dapat memilih hendak menggunakan mesin pencarian yang mana.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur Multi-Search. Dengan fitur ini, pengguna dapat mendapat hasil pencarian dari beberapa mesin pencarian. Namun, saat fitur ini diaktifkan, pengguna hanya dapat melihat hasil melalui aplikasi.

Kekurangannya adalah aplikasi ini tidak memiliki fitur pencarian kata yang cepat.

3. CamFind

Foto: Google Play

CamFind menyediakan beberapa fitur yang membuat kegiatan pencarianmu terasa lebih menyenangkan dan produktif. Fitur tersebut antara lain yaitu pengguna dapat memulai pencarian dengan memilih foto dari galeri atau dengan mengambil foto secara instan. Pengguna dapat memilih antara pencarian biasa atau pencarian pribadi hanya dengan menggeser layar untuk beralih mode.

Selanjutnya, aplikasi ini memiliki fitur pemindaian QR code. Fitur ini dapat dimatikan jika tidak digunakan. Saat diaktifkan, aplikasi akan secara otomatis mendeteksi QR code dan menampilkan URL yang terkait. Pengguna dapat memilih untuk mengunjungi URL dalam aplikasi atau menyalinnya.

Fitur-fitur lain dapat diakses oleh pengguna jika pengguna membuat akun di aplikasi ini. Dengan membuat akun, pengguna dapat melihat gambar yang dicari oleh pengguna lain. Hal tersebut hanya bisa dilakukan jika hasil pencarian gambar diatur secara publik. Pengguna juga dapat mengunggah hasil pencarian gambar di profil CamFind. Pengguna juga dapat mengikuti dan diikuti oleh pengguna lain. Cara kerjanya sama persis seperti media sosial hanya saja aplikasi ini khusus untuk pencarian gambar.

Selain itu, halaman explore aplikasi juga menampilkan feed berdasarkan minat pengguna. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menandai gambar pencarian yang disukai, menyimpannya secara offline, dan mengatur pengingat visual. 

Ada juga fitur Text Reading yang dapat disesuaikan. Meskipun Anda tidak dapat memilih jenis suara, Anda dapat menyesuaikan kecepatan membaca. Terakhir, aplikasi ini juga memiliki fitur Buy Similar yang memudahkan pengguna untuk mulai berbelanja dan menemukan produk di internet.

4. PictureThis

Foto: Google Play

PictureThis merupakan aplikasi pencarian gambar khusus untuk pecinta tanaman. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengidentifikasi tanaman dengan mengambil foto instan atau memilih gambar tanaman dari galeri pengguna. Aplikasi ini juga memiliki tutorial singkat tentang cara mengambil foto yang memenuhi persyaratan.

Lebih dari sekedar mengidentifikasi tanaman, pengguna juga dapat mengelola dan mendiagnosis tanaman saat sakit. Selain itu, dengan mengaktifkan lokasi, pengguna dapat lebih mudah menemukan lokasi tanaman di sekitar. Tanaman yang diidentifikasi pengguna juga disematkan ke lokasi pengguna dan dilihat oleh pengguna lain.

Aplikasi ini juga memiliki proses gamified untuk memberi penghargaan kepada penggunanya. Pengguna bisa mendapatkan fasilitas identifikasi tanaman gratis di bagian Feeling Lucky.

Jika pengguna berlangganan ke versi premium, pengguna akan mendapatkan akses ke beberapa tools dalam aplikasi. Selain itu, aplikasi ini menampilkan konten yang relevan tentang cara menanam dan memelihara tanaman.

Baca juga: Teknologi Smart Green House Kebanggan Ridwan Kamil

Nah itu dia 4 aplikasi lain yang bisa kamu gunakan selain Google Lens. Selamat mencoba!

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *