Produsen Besar tapi Ekspor Kopi RI Kalah dari Swis

TARGET PRODUKSI KOPI NASIONAL 2021

Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ke-4 di dunia. Meski begitu, ekspor kopi Indonesia masih kalah dari Swis yang tak punya kebun.

“Kita memang produsen nomor 4. Itu kan soal kuantitas. Tapi sebagai eksportir, kita nomor 9, ” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan Kasan Muhri di kantornya, Jakarta, Kamis (28/1).

Sementara itu, menurut nilainya, Swis merupakan eksportir kopi terbesar nomor 5 di dunia. Kasan meyakini, Swis memiliki produk ekspor yang bernilai tinggi dibandingkan Indonesia. Oleh karena itu, peningkatan kualitas kopi nusantara dinilai penting. “Jadi kualitas dari kuantitas yang ada itu yang memperoleh nilainya orang lain, ” kata Kasan.

Kementerian Perdagangan pun akan mendorong ekspor kopi ke beberapa negara, seperti Jerman, Mesir, hingga Australia. Namun, saat ini pemerintah akan fokus untuk meningkatkan ekspor ke Jerman.

Untuk mendukung hal itu, Kemendag bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri untuk melakukan observasi selera konsumen kopi di Jerman.

Duta Besar Indonesia untuk Jerman telah mengumpulkan 24 sampel …

Selengkapnya : Produsen Besar tapi Ekspor Kopi RI Kalah dari Swis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *