Cara Sembunyikan Status Online di Telegram

 Beberapa waktu lalu ramai kontroversi kebijakan privasi baru yang diusung WhatsApp, hingga menyebabkan banyak penggunanya beralih ke aplikasi pesan instan pesaingnya, salah satunya yakni Telegram.

Bila dilihat sekilas, fitur-fitur yang diusung Telegram tak jauh beda dengan WhatsApp. Pengguna dapat mengirimkan pesan berupa teks, video, gambar, hingga beragam emoji bergerak.

Selain itu, serupa dengan WhatsApp, Telegram juga dapat menampilkan informasi status online pengguna. Namun bedanya, Telegram memungkinkan pengguna untuk mematikan status online pengguna sepenuhnya, alias selalu terlihat offline, berbeda dengan WhatsApp yang hanya bisa mematikan fitur “Last Seen” namun status “Online” akan tetap terlihat.

Fitur seperti ini tentunya sangat berguna bagi orang-orang yang ingin merasa tenang dari gangguan chat yang masuk berlebihan.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini Teknologi.id sajikan cara sembunyikan status online di Telegram dengan mudah tanpa ribet.

Baca juga: Cara Mengunci WhatsApp Biar Nggak Diintipin Orang Lain

Cara Sembunyikan Status Online di Telegram

  • Pertama-tama, buka aplikasi Telegram yang sudah terpasang pada ponsel kalian. Kemudian, pilih ikon berbentuk tiga garis yang terletak di sisi kiri atas aplikasi.
  • Klik menu Settings dan pilih opsi Privacy and Security. Setelah memilih opsi Privacy and Security, klik opsi Last Seen & Online yang terdapat pada sub-menu Privacy.
  • Selanjutnya, pengguna dapat bebas memilih siapa yang bisa melihat status online dari pengguna.
  • Pengguna bisa memilih opsi My Contacts apabila ingin mengaktifkan status pada penerima yang sudah terdaftar di kontak.
  • Sebaliknya, pengguna juga dapat menonaktifkan status online sepenuhnya dengan cara memilih opsi “Nobody”.
  • Apabila pengaturan sudah selesai dilakukan, lanjutkan dengan klik ikon “centang” yang terletak di sisi kanan atas aplikasi.
  • Akan muncul sebuah notifikasi yang mengonfirmasikan bahwa pengaturan akan segera diaplikasikan. Pengguna cukup klik tombol Ok.

Gimana, gampang banget kan caranya? Selamat mencoba!

Baca juga: 500 Juta Data Pengguna Facebook Dijual Murah di Telegram

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *