Berapa Besar Kapasitas RAM yang Dibutuhkan Smartphonemu?

Foto: Digitaltren.id

Teknologi.id – Selama beberapa dekade terakhir, kapasitas RAM di smartphone telah meningkat dengan kecepatan yang luar biasa.

Saat ini, sebagian besar smartphone hadir dengan kapasitas RAM yang berbeda. Mulai dari 2GB untuk smartphone entry-level hingga 12 GB untuk smartphone kelas atas. Tren ini tentu menimbulkan pertanyaan, berapa besar kapasitas RAM yang dibutuhkan smartphone?

Dilansir dari Make Use Of, pada hari Senin (25/1), jawaban atas pertanyaan ini bervariasi, tergantung dari penggunanya. Secara singkat, RAM 4GB pada smartphone cukup untuk menjelajahi web, media sosial, streaming video, dan beberapa game smartphone populer.

Namun, kebutuhan RAM tetap tergantung dari penggunaannya. Beberapa pengguna smartphone hanya melakukan penjelajahan ringan, SMS, panggilan, dan streaming video, yang tidak melibatkan terlalu banyak penggunaan RAM. Sementara itu, ada juga pengguna yang melakukan sedikit permainan seluler, pengeditan video yang membutuhkan lebih banyak RAM.

Agar kamu tahu berapa besar kapasitas RAM yang dibutuhkan sebuah smartphone, berikut kebutuhan RAM dilihat dari beberapa aktivitas paling umum yang dilakukan kebanyakkan pengguna di smartphonenya:

  • Aplikasi Media Sosial seperti Facebook dan Instagram membutuhkan antara 100 hingga 300 MB RAM tergantung pada penggunaan;
  • Browser dan pemutar video seperti Chrome dan Youtube, masing-masing menghabiskan sekitar 500 MB tergantung pada berapa banyak tab yang terbuka dan kualitas video yang kamu tonton;
  • Game smartphone sangat bervariasi berdasarkan kualitas grafis serta apakah kamu sedang bermain online atau offline. Game seperti FIFA Soccer di Android dapat menggunakan lebih dari 1 GB RAM saat sedang dijalankan. Lalu, game dengan grafis yang intensif seperti PUBG dapat dimainkan di smartphone dengan RAM minimal 8GB.

Selain aplikasi diatas, kamu juga harus menghitung kebutuhan RAM untuk sistem operasi smartphonemu. Masing-masing perangkat memiliki kebutuhan RAM yang berbeda untuk sistem operasinya. Dari penjelasan ini, kamu dapat mengetahui mengapa perusahaan seluler menawarkan RAM 6GB, 8GB bahkan 12GB.

Saat ini, biasanya smartphone kelas menengah tersedia dengan RAM 12GB dan smartphone kelas atas tersedia dengan RAM 8GB. Terlepas dari apakah smartphone tersebut benar membutuhkan kapasitas RAM besar, yang jelas keuntungan utama memiliki RAM besar adalah kamu dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan tanpa harus takut salah satu aplikasi akan melambat atau ditutup secara paksa (force quit).

Baca juga: Tak Ada yang Terinfeksi COVID-19, Apa Rahasia Warga Baduy?

Jadi, berapa banyak RAM yang kamu perlukan untuk smartphonemu?

(st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *