Angka Kematian Positif COVID-19 di Situbondo Terus Meningkat

BeritaNasional.ID I SITUBONDO – Angka kematian masyarakat Kabupaten Situbondo yang terpapar COVID-19 cukup tinggi, yakni sebanyak 152 orang. “Jika dibandingkan Jawa Timur, maka kita masih diatasnya,” ujar Syaifullah, Sekdakab Situbondo pada acara rapat evaluasi penanganan COVID-19 di room Intellegence lantai II Pemkab Situbondo, Senin (25/01/2021).

Setelah dilakukan penelitian kenapa angka meninggal dunia akibat COVID-19 tinggi, kata Syaifullah yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua III Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo, yang pertama dari testing yang dilakukan masih rendah dan tidak memenuhi dari ketentuan yang seharusnya. “Targetnya harus 600, kita masih 200,” ujarnya.

Meninggalnya masyarakat yang terpapar COVID-19, lanjut Syaifullah, terbesar dikarenakan ada penyakit bawaan yakni deabetes, hipertensi dan ganguan ginjal kronis. “Yang banyak meninggal itu faktor usia dan rata diatas 50 tahun hingga 65 tahun dan ada penyakit bawaannya,” jelas Sekda Syaifulla.

Sedangkan untuk urutan kedua masyarakat yang meninggal dunia akibat terkonfirmasi COVID-19 itu, karena faktor usia produktif atau usia 45 tahun. “Kita akan petakan, di tingkat RT dan akan dilokalisir penyakit apa saja yang di derita masyarakat. Waktu itu dikampung tangguh kita mendata masyarakat yang mempunyai penyakit supaya tidak kemana mana,” kata Syaifullah.

Sekda Syaifulllah menjelaskan bahwa, penyebaran COVID-19 yang terbanyak di komunitas, kerja di luar atau perjalanan. “Sebelum masuk rumah kalau bisa bajunya harus di buka dan langsung di cuci baru menemui keluarga,” sarannya.

Tak hanya itu yang disampaikan Syaifullah, namun dia menjelaskan bahwa, sebentar lagi pemerintah akan muncurkan vaksin, tapi pelaksanaanya akan dilakukan secara bertahap yang dimulai bulan Januari hingga bulan April. “Tahap yang diproritaskan itu adalah tenaga kesehatan atau Nakes,” pungkasnya.

Berdasarkan peta sebaran COVID-19 per hari ini, Senin (25/91/2021) jumlah yang terkonfitmasi positif COVID-19 sebanyak 2078 orang, sedangkan yang sembuh mencapai 1839 dan yang meninggal dunia sebanyak 152 orang.

The post Angka Kematian Positif COVID-19 di Situbondo Terus Meningkat appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *