Fungsi Object Storage Sebagai Alternatif Penyimpanan Berkas

Object storage atau juga dikenal sebagai penyimpanan berbasis objek, adalah strategi yang mengelola dan memanipulasi penyimpanan data sebagai unit berbeda, yang disebut objek. Objek ini disimpan dalam satu gudang dan tidak tertanam dalam file di dalam folder lain. Sebagai gantinya, penyimpanan objek menggabungkan potongan-potongan data yang membentuk sebuah file, menambahkan semua metadata yang relevan ke file tersebut, dan melampirkan pengenal khusus.

Penyimpanan object storage adalah dengan cara menambahkan metadata lengkap ke file, menghilangkan struktur file berjenjang yang digunakan dalam penyimpanan file, dan menempatkan semuanya ke dalam ruang alamat datar, yang disebut kumpulan penyimpanan. Metadata ini adalah kunci keberhasilan penyimpanan objek karena menyediakan analisis mendalam tentang penggunaan dan fungsi data di kumpulan penyimpanan.

Fungsi Object Storage

Jika dicermati dari penjelasan diatas, tentunya object storage ini menjadi inovasi teknologi yang mengikuti perkembangan akan kebutuhan zaman digitalisasi online saat ini. Adapun fungsi- fungsi dari object storage adalah :

  • Analisis data yang lebih baik.
    Penyimpanan objek didorong oleh metadata, dan dengan tingkat klasifikasi ini untuk setiap bagian data, peluang untuk analisis jauh lebih besar.

  • Skalabilitas tak terbatas.
    Terus tambahkan data dengan tidak ada batasan serta pengambilan data lebih cepat. Karena struktur kategorisasi penyimpanan objek, dan kurangnya hirarki folder, Anda dapat mengambil data lebih cepat.

  • Pengurangan biaya.
    Karena sifat penyimpanan objek yang tidak berskala, lebih murah untuk menyimpan semua data Anda.

  • Optimalisasi sumber daya.Karena penyimpanan objek tidak memiliki hierarki pengarsipan, dan metadata sepenuhnya dapat disesuaikan, ada batasan yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan penyimpanan file atau blok.

Alternatif dan Penawarna dari IDCloudHost

Layanan Object Storage merupakan Sebuah layanan untuk kebutuhan penyimpanan berkas berbasis objek yang secara penuh mendukung protokol S3 (S3 API) yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas, ketersedian data, dan keamanan yang dapat diakses dari berbagai macam aplikasi yang terintegrasi. Semua Server Object Storage dari IDCloudhost disimpan pada beberapa data center yang berada di Indonesia yang akan membantu menjamin keamanan dan keandalan bagi semua penggunanya. Untuk mendapatkan penjelasan dan promo harag terbaik, Anda dapat melayari https://idcloudhost.com/object-storage/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *