Ke Mana Perginya File yang Terhapus dari HP? Ini Jawabannya!

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Kapasitas penyimpanan dari sebuah handphone atau HP saat ini memang besar, tak jarang para penggunanya masih memasukkan SD Card atau memori tambahan ke dalam HP-nya sebagai penambah kapasitas penyimpanan.

Walaupun begitu, sebesar apapun kapasitas penyimpanannya, tentu masih ada batasnya. Penuhnya ruang penyimpanan bisa dipercepat jika file atau data yang tersimpan memiliki ukuran yang besar.

Jika ruang penyimpanan sudah penuh, tentu kita perlu menghapus beberapa file seperti foto, video, audio, dan lain-lain untuk membuat penyimpanan di HP kita jadi lebih lega. Tapi, ke mana perginya file-file yang sudah terhapus? Apa file tersebut benar-benar hilang?

Kali ini Teknologi.id akan menjawab ke mana perginya dan di mana keberadaan file yang telah terhapus dari HP. Simak artikel berikut ini!

Ke Mana Perginya File yang Terhapus dari HP? Ini Jawabannya!

Ketika kita menghapus file atau data dari HP, file tersebut masih tetap berada di memori internal (ROM) atau SD Card yang ada di HP kita. Namun, file tersebut sudah bukan berbentuk file yang kita lihat sebelumnya, mereka sudah menjadi byte atau kepingan data dalam bentuk biner.

Jika kita ingin melihat atau mengembalikannya, kita harus masuk ke file system Android, di sanalah file yang terhapus berada.

Beberapa aplikasi seperti Google Photos menyediakan fitur ‘Trash’ di mana foto dan video yang telah terhapus akan disimpan di dalamnya dalam kurun waktu tertentu. Setelah melewati batas waktu yang ditentukan, foto dan video tersebut secara otomatis akan hilang dari Trash. Dalam kasus ini, foto atau video yang terhapus dari Google Photos mungkin bisa ditemukan utuh jika file tersebut sudah di-back up.

Baca juga: 16 Kriteria Orang yang Tak Boleh Divaksin Corona

Apabila tidak menggunakan aplikasi tambahan, byte dari file yang telah terhapus akan tersimpan di memori intenal, dengan catatan byte tersebut tidak bertahan secara permanen dan akan hilang jika kedatangan file yang baru.

Tapi, apakah ada cara untuk menghapus file secara permanen dari HP? Tentu saja ada, melalui sistem file shredding.

Dengan file shredding, byte dari file yang terhapus akan hilang dan lenyap dari memori internal. Dikutip dari VOI.id, file shredding tidak digunakan di sistem operasi manapun, baik itu Windows, Linux, maupun Android. Hal ini disebabkan sistem operasi tersebut memerlukan piranti tambahan seperti software dan memori flash.

Itu dia jawaban ke mana perginya file atau data yang telah terhapus dari HP, semoga bermanfaat!

Baca juga: Akses Netflix Pakai Telkom Lemot? Ternyata Ini Alasannya

(rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *