Kasus Covid-19 Melonjak, Layanan Kesehatan dalam Kondisi Genting

FASILITAS RS DARURAT COVID-19 SECAPA AD

LaporCovid-19 dan CISDI menyatakan layanan kesehatan di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, dalam kondisi genting. Hal tersebut disebabkan lonjakan kasus Covid-19 yang tak terkendali hingga menyebabkan rumah sakit tak mampu menampung pasien.

Situasi tersebut mempengaruhi keselamatan masyarakat karena terhambatnya upaya penanganan segera, baik bagi pasien Covid-19 maupun non-Covid-19. Dalam waktu singkat, sejak akhir Desember 2020 hingga awal Januari 2021, LaporCovid19 mendapatkan total 23 laporan kasus pasien yang ditolak rumah sakit karena penuh. Akibat hal tersebut, pasien meninggal di perjalanan atau di rumah.

Misalnya, salah seorang keluarga pasien di Depok yang melaporkan anggota keluarganya meninggal di taksi daring setelah ditolak di 10 rumah sakit rujukan Covid-19 pada 3 Januari 2021. Laporan serupa juga datang dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

dr.Tri Maharani, relawan tim BantuWargaLaporCovid19, menekankan bahwa tanda-tanda layanan kesehatan mulai kolaps terindikasi pada September 2020. Namun, mereda saat pemberlakuan PSBB di Jakarta.

Menjelang pertengahan November 2020, …

Selengkapnya : Kasus Covid-19 Melonjak, Layanan Kesehatan dalam Kondisi Genting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *