3 Aplikasi Selain Telegram dan Signal yang Bisa Kamu Install

 Kebijakan baru yang diterapkan WhatsApp di aplikasinya diketahui menuai banyak kritik dari para pengguna. Bahkan, beberapa pengguna telah berpindah ke akun obrolan yang lain seperti Telegram dan Signal.

Selain kedua aplikasi obrolan tersebut, masih ada beberapa aplikasi lain yang dapat kamu pertimbangkan. Mau tahu apa saja aplikasinya? Yuk, kita simak di bawah ini!

1. LINE

Foto: Google

Bagi beberapa pengguna, khususnya yang kalangan muda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi obrolan yang satu ini. LINE merupakan aplikasi obrolan yang memiliki beragam fitur menarik dan disukai oleh banyak anak muda.

Walaupun begitu, bukan berarti pengguna yang bukan anak muda tidak bisa memakai aplikasi asal Korea Selatan tersebut. LINE cukup mudah digunakan karena memiliki fitur-fitur standar aplikasi obrolan pada umumnya, seperti voice dan video call, berbagi foto, video, hingga stiker.

Foto: LINE

Nah, keunikkan dari LINE ialah memiliki beragam jenis stiker gratis hingga berbayar yang lucu untuk mengobrol bersama kerabat. LINE juga memiliki timeline yang dapat digunakan untuk update status atau sekedar berbagi informasi. Untuk menambahkan kontak di LINE, pengguna bisa memasukkan nama ID, nomor telepon, dan membagikan QR code.

2. Viber

Foto: Viber

Yang kedua adalah Viber. Aplikasi ini menyediakan fitur obrolan yang standar juga, seperti panggilan suara dan video, serta berkirim pesan dalam bentuk gambar, video, dan stiker. Namun, perbedaan Viber dengan aplikasi lain dapat dilihat pada dukungan pengiriman teks panjang lebih dari 7.000 karakter.

Selain itu, Viber juga memiliki fitur enkripsi end-to-end, sehingga keamanan data pengguna bisa terjamin. Terdapat pula fitur ‘Viber Games’ yang memungkinkan pengguna bermain permainan gratis dari dalam aplikasi.

Foto: Viber

Untuk menambahkan kontak, pengguna Viber hanya perlu memasukan nomer telepon saja.

3. WeChat

Foto: BBC

Aplikasi obrolan yang ketiga adalah WeChat. Sama halnya seperti LINE, aplikasi ini dapat dikatakan sudah cukup populer di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Fitur-fitur standar aplikasi obrolan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya juga terdapat di WeChat.

Salah satu fitur yang dibilang cukup menarik di WeChat adalah cara menambahkan kontak. Cara umum seperti memasukan nama ID, nomor telepon, dan membagikan QR Code, tentu sudah ada. 

Namun, terdapat cara lain, yaitu dengan cara ‘Shake’ atau menggoyang-goyangkan perangkat. Fitur ini menggunakan GPS dan ketika perangkat atau ponsel digoyangkan, maka WeChat akan mencari pengguna WeChat lain dengan jarak terdekat.

Baca juga: WhatsApp Berikan Penjelasan Terkait Isu Kebijakan Terbarunya

Ada pula cara lain, yakni dengan menggunakan fitur ‘Look Around‘ dan ‘Drift Bootle‘. Fitur WeChat yang tak kalah menarik adalah ‘WeChat Pay’.

Foto: Google

Dengan WeChat Pay, pengguna dapat melakukan pembayaran atau transaksi digital dengan menggunakan aplikasi. Untuk Indonesia, WeChat Pay hadir dan bekerja sama dengan bank CIMB Niaga.

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *