Sulitnya Mencari Pendonor Plasma Konvalesen bagi Pasien Covid-19

KAMPANYE DONOR KONVALESEN

Terapi plasma konvalesen semakin populer di kalangan pasien Covid-19. Apalagi pemerintah menilai terapi tersebut mampu menyembuhkan pasien dari infeksi virus corona.

Adapun terapi plasma konvalesen merupakan terapi tambahan bagi pasien. Terapi tersebut menggunakan plasma darah yang mengandung antibodi dari penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh selama 14 hari.

Meski begitu, tidak semua penyintas Covid-19 bisa menjadi pendonor plasma konvalesen. Koordinator Komunitas Blood for Life Edy Sukotjo mengatakan ada sejumlah kriteria yang ditetapkan untuk menjadi pendonor.

Kriteria utama yaitu memiliki surat keterangan sembuh dari fasilitas kesehatan. Selain itu, kadar titer antibodi calon pendonor harus 1/160.

Hal itu, menurut Edy, menjadi kendala terbesar pendonor plasma konvalesen. Pasalnya, kadar antibodi penyintas Covid-19 berbeda-beda.

“Tidak semua penyintas (survivor) bisa memenuhi titer antibodi tersebut, ” kata Edy kepada Katadata.co.id pada Kamis (14/1)

Lebih lanjut,  Ketua Ikatan Alumni Covid 19 RS Lapangan Indrapura itu mengatakan titer antibodi yang bagus biasanya berasa dari pasien yang mendapatkan perawatan dalam jangka panjang. Sebab, semakin …

Selengkapnya : Sulitnya Mencari Pendonor Plasma Konvalesen bagi Pasien Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *