Pesawat Boleh Diisi Penuh saat PPKM Jadi Angin Segar Bagi Maskapai

PENINGKATAN PENERBANGAN DI MASA NORMAL BARU

Industri penerbangan mendapat angin segar melalui Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 3/2021 yang mencabut aturan pembatasan kapasitas penumpang pesawat maksimal 70%. Aturan ini mulai berlaku selama penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pengamat Penerbangan Gatot Raharjo menyebutkan, pelonggaran itu merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi biaya yang dikeluarkan maskapai.

Dia memberi contoh, 100 penumpang akan lebih efektif diangkut oleh satu maskapai. Sebab, biaya yang dikeluarkan cenderung rendah. “Ini sedikit menjadi angin segar bagi industri penerbangan, ” ujar Gatot kepada Katadata.co.id, Rabu (13/1).

Terkait keamanan, dia menilai pesawat telah dilengkapi oleh alat penyaring udara berteknologi High Efficiency Particulate Air (HEPA). Oleh karena itu, penularan virus corona akan minim lantaran udara telah disaring hingga 99%.

Karena itu Gatot meyakini tingkat kesehatan penumpang tidak akan terpengaruh meskipun keterisian pesawat mencapai 100%. “Tetapi, maskapai juga memerlukan penanganan …

Selengkapnya : Pesawat Boleh Diisi Penuh saat PPKM Jadi Angin Segar Bagi Maskapai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *