Masyarakat Bisa Terpapar Covid-19 Meski Sudah Disuntik Vaksin

JUMLAH KASUS POSITIF COVID-19

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin virus corona buatan Sinovac. Program vaksinasi Covid-19 pun bisa segera dimulai.

Meski begitu, Kepala BPOM Penny K. Lukito mengingatkan bahwa vaksin bukan satu-satunya solusi untuk keluar dari pandemi. Menurut dia, vaksinasi harus diikuti oleh kepatuhan terhadap 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia Iris Rengganis menambahkan, orang yang telah disuntik vaksin tidak langsung terbebas dari Covid-19. Bahkan dia menyebut masyarakat yang telah menerima vaksin bisa saja terinfeksi virus corona.

“Walau sudah dua kali disuntik, vaksin itu tidak ada yang 100% efektif, itu yang penting, ” ujar Iris pada Konferensi Pers Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin Covid-19, Senin (11/1).

Sebagai informasi, seseorang akan memperoleh dua dosis vaksin yang akan disuntikan dengan rentang dua pekan. Dua dosis itu diyakini akan membangun imunitas tubuh.

Namun, imunnitas seseorang tidak langsung terbentuk ketika divaksin. Iris menyebut perlu setidaknya 14 hari …

Selengkapnya : Masyarakat Bisa Terpapar Covid-19 Meski Sudah Disuntik Vaksin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *