Tak Banyak yang Tahu, 6 Fitur WhatsApp Ini Ternyata Berguna

 Di jaman digital serba cepat ini siapa sih yang tidak memakai aplikasi chatting WhatsApp? Ya, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting populer yang banyak digunakan oleh orang dari berbagai kalangan dan usia di seluruh dunia.

Selain karena tampilannya yang sederhana dan memudahkan pengguna, fitur-fitur menarik dan canggih pun terus diperbarui sehingga semakin membuat pengguna merasa nyaman menggunakannya.

Namun, dari sekian banyak fitur yang ada, sebagian relatif jarang diketahui tapi bisa bermanfaat untuk pengguna. Apa saja?

Baca juga: WhatsApp Perkenalkan Aturan Privasi Baru, Ini Perubahannya

5 Fitur WhatsApp Ini Ternyata Berguna

1. Sembunyikan Chat di WhatsApp

Kamu merasa terlalu banyak ruang obrolan (chatroom) di WhatsApp? Nah, fitur “Arsip” bisa jadi solusi untuk merapikan ruang obrolan.

Terutama, jika kamu masih ragu untuk menghapus keseluruhan pesan percakapan. Dengan “Arsip”, chatroom hanya akan disembunyikan dan akan muncul lagi ketika ada pesan baru masuk dari kontak yang disembunyikan tersebut.

Android

Jika ingin mengarsipkan beberapa percakapan saja, pilih chatroom yang diinginkan > klik dan tahan (hold) > pilih ikon arsip yang digambarkan dengan kotak dan anak panah ke bawah. 

Ikon arsip terdapat di sisi atas, tepatnya di tengah-tengah ikon senyap (mute) dan menu (titik tiga vertikal).

Apabila ingin mengarsipkan semua chat, buka pengaturan (setting) > chat > riwayat chat > arsipkan semua chat > ok.

Pesan yang diarsipkan masih bisa dicari dan chatroom akan kembali muncul ketika ada pesan baru diterima.

iPhone

Pengguna WhatsApp di iPhone bisa memanfaatkan fitur ini dengan menggeser  pesan ke arah kiri dan pilih opsi arsipkan. Pesan yang sudah diarsipkan dapat diakses dari laci di bagian bawah daftar percakapan WhatsApp di smartphone.

2. Mencari file dengan cepat 

Akhir tahun 2020 kemarin, WhatsApp merilis fitur untuk mempermudah penggunanya dalam mencari file, baik foto, video, GIF, maupun dokumen

Untuk mencari file dengan jalan pintas, klik ikon pencarian yang digambarkan dengan ikon kaca pembesar > pilih jenis file yang ingin dicari, apakah foto, GIF, video, audio, dokumen, atau tautan.

Lalu imbuhkan kata lain yang berkaitan dengan pencarian. Sebagai contoh, apabila ingin mencari tautan dari teknologi.id di suatu percakapan, maka dalam pencarian pilih “link”, lalu masukan kata “teknologi.id”.

Nantinya akan muncul beberapa percakapan yang memuat link tersebut. 

3. Notifikasi Berbeda untuk Tiap Kontak/Group

Sebagian besar pengguna WhatsApp menerima banyak pesan setiap hari, sehingga ponsel sering berbunyi atau bergetar yang mengindikasikan penerimaan notifikasi.

Meski begitu, biasanya pesan dalam jumlah banyak ini justru menyebabkan pengguna melewatkannya.

Nah untuk menghindarinya, kamu bisa mengatur suara notifikasi berbeda untuk masing-masing percakapan, baik percakapan grup maupun personal.

Caranya, ketuk nama grup atau kontak untuk mengakses pengaturan chat. Kemudian, pilih tanda titik tiga di sudut kanan atas halaman percakapan, dan akses Group Info. Pada bagian Group Info, temukan opsi Custom Notification dan centang opsi tersebut, kemudian pilih notifikasi yang diinginkan untuk kontak atau grup tersebut.

Baca juga: Cara Memunculkan Tombol Chat WhatsApp di Profil Instagram

4. Ekspor chat ke perangkat lain

Sebelum memindahkan WhatsApp ke perangkat lain, biasanya pengguna akan melakukan pencadangan ponsel. Namun, tak jarang ada beberapa pesan yang terselip dan tidak ikut tercadangkan.

Salah satu opsi yang bisa digunakan adalah menggunaan fitur export chat. Fitur ini akan mengirimkan seluruh riwayat obrolan di chatroom, termasuk pesan teks, audio, foto, maupun video.

Dengan demikian, pesan dari kontak yang dianggap penting tetap akan terselamatkan, apabila tidak ikut tercadangkan. Pengguna bisa memilih, apakah ingin mengekspor pesan teks saja, atau mencakup pesan media (foto, video, audio) juga. Jika mengekespor pesan media juga, nantinya ukuran file yang diekspor akan semakin besar.

Ekspor chat bisa dilakukan dengan cara membuka percakapan yang ingin diekspor > klik ikon menu > more > export chat. Pesan bisa diekspor ke e-mail, cloud storage, atau aplikasi perpesanan lain.

5. Kirim gambar tanpa mengurangi kualitasnya 

Saat kita mengirimkan foto, WhatsApp akan otomatis mengkompres foto tersebut, sehingga kualitasnya menurun, pecah resolusinya, dan ukurannya pun akan semakin kecil.

Untungnya, ada trik yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah ini, agar foto yang dikirim tetap berada dalam kualitas tinggi.

Caranya, jangan menggunakan galeri untuk mengirimnya, melainkan lewat fitur Dokumen. Dengan begitu, foto akan dikirim dalam bentuk file yang utuh.

Lebih jelasnya, pada kolom chat, ketuk icon lampiran > pilih Dokumen > cari foto yang kalian inginkan. Kalau sudah, langsung kirim saja.

6. Mencegah salah masuk kamar chat

Terkadang membuka WhatsApp yang penuh dengan ruang obrolan bisa membuat kita salah masuk kamar chat. Misal, saat ingin mengirim pesan penting ke grup kantor atau keluarga, tapi yang terjadi justru menulis pesan ke kontak atau grup lain. 

Nah, untuk memperkecil kemungkinan salah masuk ini, pengguna bisa membuat shortcut atau pintasan chat yang bisa ditempel di layar utama ponsel. Sehingga, pengguna akan langsung masuk ke ruang obrolan kontak tersebut tanpa terdistraksi pesan dari kontak lainnya.

Caranya, pilih kontak atau grup chat yang ingin dijadikan pintasan. Kemudian klik dan tahan (hold) > klik menu > add shortcut (tambahkan pintasan) > add (tambahkan).

Shortcut percakapan akan otomatis muncul di layar utama dan bisa digunakan untuk langsung menuju ke kontak atau grup tertentu sehingga tidak salah masuk kamar chat.

Baca juga: Cara Mengosongkan Storage WhatsApp, Anti ‘Nyampah’

Itu dia, 6 fitur WhatsApp yang jarang diketahui namun bisa bermanfaat bagi pengguna. Selamat mencoba!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *