Menilik Keuntungan Investasi Tabungan Emas Pegadaian

Foto : FajarSumatera

Tabungan Emas

Dewasa ini ada banyak instrumen investasi yang menggiurkan dengan berbagai tawaran keuntungan yang gila-gilaan, namun apakah instrumen investasi tersebut dapat terjamin keamanannya?

Menabung emas adalah salah satu jenis investasi yang tak diragukan lagi imbal hasil yang diberikannya, apalagi jika dilakukan dalam jangka panjang akan memberikan keuntungan yang siginifikan.

Tapi, bukan berarti semua tabungan emas bisa memberi keuntungan, karena ada saja lembaga atau oknum tak berizin yang melakukan penjualan dan penyimpanan emas sehingga keamanannya diragukan.

Hadir dengan motto mengatasi masalah tanpa masalah, Pegadaian di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga diawasai oleh Otoritas Jasa Keuangan memberikan fasilitas Tabungan Emas yang menjamin keamanan para nasabahnya dalam melakukan investasi tabungan emas.

[Baca Juga: Nabung Emas Pegadaian Bisa Buat Dana Liburan Lho!

Keunggulan Tabungan Emas Pegadaian

Mengapa Tabungan Emas Pegadaian? Selain keamanan dalam berinvestasi yang menjadi salah satu keunggulan utama yang diberikan Pegadaian kepada para nasabahnya, ada banyak keunggulan lain yang ditawarkan. 

#1 Pembukaan Rekening  Tabungan Emas Mudah

Untuk membuka rekening tabungan emas Pegadaian, nasabah hanya tinggal datang ke cabang resmi Pegadaian dan mengisi formulir serta melampirkan fotocopy identitas.

Jika calon nasabah tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke outlet atau melakukannya secara offline, nasabah bisa juga memanfaatkan pembukaan tabungan emas secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau Apps Store.

Nasabah akan memiliki rekening Tabungan Emas setelah melalukan pengisian formulir dan membayar biaya administrasi yang terjangkau, yaitu sebesar Rp 10.000 dan biaya fasilitas penitipan emas selama 12 bulan sebesar Rp 30.000.

Nasabah selanjutnya dapat melakukan top up atau menambah saldo tabungan emas mulai dari 0,01 gram.Top up dapat dilakukan melalui internet banking, mobile banking, atau melalui mesin ATM dari bank BUMN seperti Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Top up melalui Aplikasi Pegadaian Digital juga bisa jadi alternatif dengan minimal pembelian Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah). 

#2 Dapat Ditarik Dalam Bentuk Emas Batangan

Nasabah yang ingin memiliki emas fisik batangan dapat melakukan order cetak dengan varian keping dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100 gram.

Pegadaian juga menawarkan berbagai vendor emas batangan, yakni Antam, UBS, Galeri 24 dan Lotus Archie, sehingga nasabah dapat memilih cetakan emasnya.

Proses order cetak Tabungan Emas dapat dilakukan di outlet pembuka rekening Tabungan Emas dengan menunjukkan buku tabungan dan identitas diri asli.

Proses cetak emas pun dapat dilakukan dengan jangka watku sekitar 1 bulan hingga emas batangan didistribusikan ke outlet Pegadaian. 

#3 Harga Kompetitif

Selain biaya administrasi dan pengelolaan yang ringan, Tabungan Emas Pegadaian dikelola secara profesional dan transaran dengan harga buyback yang kompetitif, di mana selisih harga jual dan beli tidak akan merugikan apalagi jika insvestasi dilakukan dengan jangka waktu yang panjang.

Proses buyback pun dapat dimulai dari emas 1 gram dan dapat dicarikan dengan mudah.Tak perlu diragukan lagi untuk keaslian dari emas Pegadaian karena emas yang dijual memiliki kualtias tinggi dengan jaminan kartase 24 karat.

Transfer ke rekening tabungan emas Pegadaian pun dapat dilakukan dengan mudah mulai dari 0,1 gram tanpa dikenakan biaya transfer.

[Baca Juga: Mau Nabung Emas? Cek Dulu Simulasi Tabungan Emas Di Pegadaian Digital

Syarat Pembukaan Tabungan EmasUntuk membuka Tabungan Emas di Pegadaian, Anda harus memenuhi syarat berikut ini:

  • Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP untuk WNI /Paspor untuk WNA).
  • Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas
  • Membayar biaya transaksi Tabungan Emas Langkah Pembukaan Rekening Tabungan Emas

Untuk membuka Tabungan Emas di Pegadaian, ada beberapa langkah yang perlu dipenuhi, antara lain: 

#1 Registrasi

Ada beberapa pilihan cara registrasi yang bisa dilakukan untuk mendaftar sebagai nasabah.Anda bisa datang langsung ke kantor cabang Pegadaian, melalui agen Pegadaian dan mendaftar melalui Aplikasi Pegadaian Digital yang dapat diunduh gratis melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store. 

#2 Menyiapkan Data Diri & Isi Formulir

Tahap berikutnya, Anda perlu menyiapkan data diri yang masih berlaku, seperti KTP untuk WNI atau Paspor untuk WNA. Kemudian, mengisi data untuk Pembukaan Rekening Tabungan Emas. 

#3 Menerima Buku Tabungan Emas

Setelah pembayaran dilakukan, maka nasabah dapat mencetak Buku Tabungan Emas sebagai bukti kepemilikan, di mana buku ini memberikan Anda hak untuk melakukan pembelian Tabungan Emas mulai dari 0,01 gram. 

Bagaimana Jika Pemilik Rekening Tabungan Emas Meninggal Dunia?Ini adalah salah satu pertanyaan yang tak jarang ditanyakan oleh para nasabah.

Jika pemilik rekening meninggal dunia, rekening akan ditutup berdasarkan permintaan ahli waris dari pemilik rekening yang sah.

Saldo yang ada dalam rekening Tabungan Emas akan diserahkan kepada kepada ahli waris pemegang rekening tabungan dengan ketentuan dan peraturan dari Pegadaian dan undang-undang yang berlaku. 

Manfaat Tabungan Emas Pegadaian

Masih ragu untuk menabung emas di Peadaian? Berikut ini manfaat menabung emas di Pegadaian yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

Menabung emas bisa jadi sangat mudah karena selain dapat dilakukan di outlet Pegadaian atau dapat dilakukan melalui Aplikasi Pegadaian Digital.

Nasabah Tabungan Emas tidak repot untuk menyimpan emas fisiknya. Jika sewaktu-waktu Ketika diperlukan dapat dicairkan secara tunai maupun dalam bentuk emas batangan.

Tidak perlu mengumpulkan uang seharga 1 gram emas karena Anda dapat memulai petualangan Tabungan Emas Anda dari 0,01 gram.

Selain itu, proses pencairan atau menjual emas tabungan emas Pegadaian pun sangat mudah, hanya tinggal melalui Aplikasi Pegadaian Digital, selanjutnya dana akan masuk pada rekening Anda di bank. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *