Inilah Alasan MagSafe Anker Miliki Colokan USB-C Raksasa

Foto: The Verge

Teknologi.id – Sistem pengisian daya MagSafe Apple menawarkan cara baru untuk mengisi daya iPhone, dan perusahaan pihak ketiga seperti Anker memiliki kesempatan untuk membuat pengisi daya magnet mereka sendiri. Keduanya resmi bekerja dengan sistem Apple dan yang tidak resmi hanya memanfaatkan pengaturan magnetis.

Pengisi daya Anker sebesar US$ 22 termasuk dalam kategori kedua, dimana Anker bukan pengisi daya MagSafe resmi. Artinya, tidak memberi kecepatan pengisian daya 15W yang lebih cepat atau trik NFC mewah sebagai produk MagSafe “resmi”.

Tetapi dengan batas pengisian 7,5W itu, pengisi daya Anker memang terlihat sangat mirip dengan Apple, setidaknya pada saat pertama kali melihatnya. Terdapat perbedaan yang jelas, yaitu model Anker memiliki steker USB-C yang sangat besar.

Hal itu karena pengisi daya Anker secara efektif hanya pengisi daya Qi biasa dalam bentuk yang berbeda, serta memindahkan kabel maupun chip ke steker untuk merampingkan bantalan pengisi daya yang sebenarnya. Desainnya juga membantu mengurangi panas, menurut Apple. 

Foto: Google

Pengisi daya baru ini juga merupakan upaya pertama dari Anker. Apple menyampaikan melalui The Verge bahwa stok akan terbatas, tetapi sudah bekerja pada model pengisi daya magnet yang ditingkatkan dan akan keluar dalam waktu sekitar satu bulan.

Di satu sisi, pengisi daya Anker adalah indikasi yang jelas tentang batasan program MagSafe Apple. Perusahaan pihak ketiga yang tidak dapat membuat produk resmi harus mencari solusi kreatif, seperti colokan raksasa Anker. Selain itu, pengisi daya Anker adalah produk generasi pertama, jadi alternatif ini kemungkinan akan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Baca juga: Tak Berlisensi, 39 Ribu Aplikasi di App Store Cina Dihapus

Dengan harga US$ 22 yang kira-kira setengah dari harga MagSafe Apple, kecepatan pengisian yang lebih lambat mungkin menjadi trade-off yang berharga untuk harga yang lebih rendah, terutama karena desainnya menjadi semakin halus.

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *