Lebih dari 125 Ribu Data Pribadi Mahasiswa UNDIP Bocor

Pada hari Selasa, 5 Januari 2021, lebih dari 125 ribu data mahasiswa Universitas Diponogoro (UNDIP) dilaporkan bocor. Hal ini diketahui melalui unggahan di akun Twitter bernama @fannyhasbi.

“Breached! Lebih dari 125 ribu data mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) bocor,” tulis si pemilik akun tersebut yang menyebut dirinya sebagai security enthusiast.

Kata sang pemilik akun, data-data mahasiswa UNDIP seperti username, alamat, beasiswa, password, jalur masuk, riwayat sekolah, email, IPK, dan berbagai data pribadi lainnya telah bocor.

Seorang konsultan keamanan siber bernama Teguh Aprianto menduga ada lebih banyak lagi data mahasiswa UNDIP yang bocor. Dia memberikan komentar tersebut melalui akunnya yang bernama @secgron.

“Ini yang ketahuan, yang ga ketahuan lebih banyak lagi dan hampir seluruh kampus di Indonesia. Itu password hash-nya SHA1 ya?” kata Teguh Aprianto.

Sampai saat ini masih belum ada keterangan langsung dari pihan UNDIP atas laporan bocornya data-data pribadi mahasiswa mereka.

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *